Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) menggandeng para pelaku industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari berbagai bidang dan spesialisasi, untuk mendukung program Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) menuju prestasi tertinggi pada SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Menurut Kepala Bidang Humas dan Komunikasi PB ESI Ashadi Ang, kehadiran industri serta infrastruktur teknologi yang andal serta mumpuni merupakan salah satu komponen kunci bagi tim agar dapat berprestasi optimal.

“Teknologi adalah platform yang berpengaruh dalam pesatnya popularitas esports. Maka dari itu kita selalu mendorong seluruh pelaku usaha untuk berkoordinasi dan berkolaborasi, serta berkontribusi terhadap industri esports,” kata Ashadi dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, Ashadi menilai perkembangan esports tidak lepas dari kolaborasi dengan seluruh ekosistem dan bahkan lintas industri.

Baca juga: Persiapan timnas esports Indonesia jelang SEA Games capai 80 persen

Kebutuhan akan infrastruktur TIK yang dapat menjawab tantangan industri yang kompleks dan multiaspek, dari perangkat yang memadai, teknologi jaringan, keamanan siber, analitik data, hingga solusi-solusi cerdas lainnya merupakan segelintir peluang kerja sama yang dapat dijajaki dengan sektor swasta.

“Dalam menjalankan kegiatan pelatnas sendiri, PB ESI berkomitmen menyediakan infrastruktur TIK terbaik agar dapat mencapai hasil maksimal di SEA Games ke-32 Kamboja 2023,” ujar Ashadi.

Adapun beberapa industri TIK yang terlibat antara lain penyedia laptop dan gawai Agres.id, penyedia solusi jaringan dan internet Aruba Instant On, serta perusahaan perangkat elektronik Lenovo.

Kepala Bagian Penjualan Agres.id Andreas mengatakan, esports adalah salah satu cabang olahraga yang relatif mudah diakses seiring dengan jajaran gawai yang tak lepas dari keseharian.

Menurut HPE Aruba Networking Indonesia, perangkat Aruba Instant On AP25 menjadi pilihan optimal untuk beban kerja gaming yang membutuhkan performa maupun ketahanan tinggi, khususnya selama kegiatan pelatnas berlangsung.

“Lenovo melalui perangkat gaming mumpuni yakni Lenovo Legion mendukung terselenggaranya kegiatan pelatnas dari awal. Kami mengucapkan salam sukses dan selamat bertanding kepada tim nasional esports Indonesia,” tutup Consumer 4P and T1 Manager Lenovo Hendry Lim.

Baca juga: PB ESI harap Menpora generasi digital memotori perkembangan esport
Baca juga: PB ESI: Esports diharapkan jadi penyumbang emas utama di SEA Games


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023