Makassar (ANTARA) - Badan Standardisasi Nasional (BSN) berharap agar semua  produk unggulan untuk memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

"ini penting agar produk unggulan memiliki daya saing dan bisa berkiprah secara global," kata Kepala BSN, Kukuh S Achmad dalam keterangan persnya yang diterima di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, produk unggulan yang sudah ber-SNI akan dipamerkan pada event nasional Indonesia Quality Expo (IQE) ke-11 di BSCC Dome, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menurut dia, pameran yang dijadwalkan 9-12 November 2023 mendatang yang diselenggarakan BSN ini, merupakan event tahunan dalam rangka memperingati Hari Standar Dunia (14 Oktober) dan Bulan Mutu Nasional 10 November 2023.

BSN memilih Balikpapan sebagai tempat penyelenggaraan IQE, karena lokasinya yang strategis yang berdekatan dengan Ibukota Nusantara (IKN) dan Samarinda, ibukota Provinsi Kalimantan Timur, sehingga momentum untuk mengundang stakeholder dan menggaungkan pentingnya SNI, diharapkan bisa tercapai lebih optimal.

IQE diharapkan akan menjadi sarana bertemunya para pemangku kepentingan standardisasi di seluruh Indonesia untuk saling bertukar informasi, bertransaksi, memamerkan produk unggulan dan/atau usaha menengah kecil(UMK) binaan serta saling memanfaatkan peluang dan potensi yang ada.

Selain itu, diharapkan akan terbangun semangat dan rasa optimisme yang tinggi bahwa dengan menerapkan SNI, semua pihak, khususnya dunia usaha mampu bangkit pasca pandemi COVID-19 dan terus mendukung program-program pemulihan ekonomi nasional pemerintah.

Sebagai expo, kegiatan IQE meliputi pameran, talkshow, seminar tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK), gelar UMKM ber-SNI/ berstandar internasional, festival kuliner nusantara, edugames tentang SNI serta hiburan yang diisi dengan pesan-pesan pentingnya SNI.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023