Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Syiah Kuala (USK) Darussalam Banda Aceh menjajaki kerja sama riset kolaborasi mengenai sawit dengan Czech University dalam upaya meningkatkan bidang keilmuan kedua kampus tersebut kata pejabat setempat.

“Kami menyambut baik terhadap rencana kerja sama ini karena lewat kolaborasi ini dapat meningkatkan penelitian antara USK dan Czech University,” kata Wakil rektor I USK, Prof Agussabti di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pihak kampus tersebut, di mana dirinya turut didampingi dosen Prodi Agribisnis USK, Dr Agus Nugroho dan dari Tim Czech University of Life Sciences Prague (CULS). Prof. Ing. David Herak.

"Kami berharap pertemuan yang telah berlangsung tersebut menjadi awal yang baik untuk menjalin kolaborasi baik dalam publikasi penelitian, student and staff mobility exchange, serta proses bimbingan tugas akhir S1/S2/S3 antara Universitas Syiah Kuala dan Czech University," katanya.

Baca juga: Dikti mengapresiasi program 1.000 Wirausaha Muda USK

Baca juga: USK tuan rumah Indonesia Dispute Board Forum 2023


Dr. Agus Nugroho sebagai bagian dari Tim USK menambahkan, pihaknya menawarkan program kerja sama penelitian Riset Sawit yang sedang dijalankan, dengan judul penelitian “Spatial Origin Based on Integrated Fingerprint Detection system and socio-economic Characteristics of Farmers for Indonesian Palm Oil Sustainability (I-Seuramoe), yang didanai oleh Grant Riset Sawit BPDPKS.

"Semoga semakin banyak bidang keilmuan yang dapat bergabung dan berkontribusi untuk mengambil bagian yang relevan dengan topik ini seperti RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil), Biodiversity and carbon stock, climate change, tenaga kerja, gender, dan topik lainnya," katanya.

Tim Czech University of Life Sciences Prague (CULS). Prof. Ing. David Herak mengatakan pihaknya sedang menggarap beberapa proyek, antara lain pengembangan teknologi pertanian seperti pemodelan cairan sawit dengan AI, penggunaan drone dan citra satelit dalam pemanfaatan pengembangan sektor kelapa sawit di Papua.

Ia berharap, penelitian miliknya dapat terhubung dengan program kolaborasi Riset Sawit dengan universitas “Jantong Hatee” Rakyat Aceh tersebut.

Baca juga: Universitas Syah Kuala ingatkan peserta SBMPTN cermat saat mendaftar

Baca juga: Tiga Mahasiswa Teknik Kimia USK sabet medali emas di OSPC 2023


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023