Jakarta (ANTARA) - Musisi Ahmad Dhani menginginkan konser orkestra melalui intellectual property (IP) "A Night At The Orchestra" dapat menjadi acara yang diselenggarakan secara rutin sebulan sekali, bahkan seminggu sekali, terutama di Jakarta.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, Ahmad Dhani menjelaskan bahwa konser "Dewa-19 - A Night At The Orchestra" semula akan digelar di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Gedung tersebut merupakan tempat bersejarah yang berdiri sejak masa penjajahan Belanda sehingga dinilai cocok untuk penyelenggaraan musik klasik.

Namun, GKJ masih direnovasi sehingga konser orkestra Dewa-19 diadakan di Balai Sarbini Hall pada 25 November 2022 untuk episode pertama dan Jakarta International Velodrome pada 10 Desember 2022 untuk episode kedua.

"Kalau untuk event di GKJ yang hanya 1.000 orang (kapasitas), ya, pasti siap banget sebenarnya. Cuma masalahnya bisa nggak itu dibuat sebulan sekali atau bahkan seminggu sekali," kata Ahmad Dhani

"Seperti kalau kita nonton play (teater) di New York atau di London itu tiap hari, sehari bisa dua kali kadang-kadang, itu sudah kebutuhan jiwanya mereka," kata Ahmad Dhani menambahkan.

Baca juga: Konser orkestra Dewa-19 berlanjut ke episode 3-4 di Surabaya dan Solo

Dhani menilai bahwa warga Jakarta sudah bisa mengapresiasi musik orkestra dalam konteks musik orkestra yang dibuat versi Dewa-19 dengan lagu-lagu yang diaransemen dalam sentuhan baru. Di samping itu, menurut Dhani, Jakarta merupakan kota metropolitan yang cukup memiliki potensi untuk menjadi kota yang berbudaya.

"Pemilihan lagu-lagunya memang benar-benar saya yang pilih dari episode 1-2. Kenapa lagu ini, kenapa lagu itu, supaya bisa mengakrabkan orkestra dengan masyarakat Jakarta. Jadi saya melihat itu, saya melihat ada potensi," kata sang musisi.

Dhani mengakui bahwa mewujudkan konser orkestra yang dapat diadakan secara rutin seperti membangun peradaban baru di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta. Sebagai kota yang modern, menurut dia, Jakarta seharusnya sudah bisa menjadikan musik orkestra sebagai bagian dari gaya hidup.

"Saya yakin Jakarta sudah siap sebenarnya, hanya belum ada yang memulai saja," ujar dia.

Nama konser "A Night At The Orchestra" yang sudah dipatenkan itu, kata Dhani, suatu hari nanti tidak lagi menampilkan Dewa-19 sepenuhnya melainkan menghadirkan musisi-musisi lain dari beragam genre yang musiknya digubah dengan sentuhan orkestra.

"Rencananya tidak hanya Dewa-19 pakai konsep 'A Night At The Orchestra'. Jadi, IP saya yang bisa dipakai, harus dengan izin," kata Dhani.

Oleh sebab itu, gelaran konser "Dewa-19 - A Night At The Orchestra" yang hingga kini akan memasuki episode ketiga dan keempat merupakan langkah awal bagi band itu untuk memperkenalkan konser berkonsep orkestra kepada masyarakat secara lebih luas.

Konser orkestra Dewa-19 episode ketiga digelar pada 19-20 Mei 2023 di Grand City Convention Hall Surabaya, Jawa Timur, serta episode keempat pada 27 Mei 2023 di Edutorium UMS Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: Dewa 19 gaet musisi AS pada "Love is Blind" hingga "Moana" live-action

Baca juga: Daftar lagu Dewa 19 yang melegenda

Baca juga: Rilis video single baru, Dhani: sempat buat Once tetapi ditolak

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023