Jakarta (ANTARA) - PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board/JXB) menghadirkan mesin penjualan otomatis (vending machine) untuk menjual cinderamata produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khas Jakarta guna melayani delegasi KTT ASEAN pada September mendatang.

Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi DKI Jakarta Hari Wibowo menuturkan program ini menjadi terobosan baru dari PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) pada momentum yang tepat.

“Kita juga akan menyambut delegasi ASEAN sehingga produk ini diharapkan dapat dimanfaatkan para delegasi yang sedang mencari 'oleh-oleh' khas Jakarta," kata Hari Wibowo saat ditemui di Halte TransJakarta CSW di Jakarta, Rabu.

Hari berharap dengan adanya mesin penjualan bernama "Creative Box" ini bisa memudahkan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mencari "oleh-oleh" khas Jakarta terutama kulinernya yang bisa dibaca melalui buku saku "Jakarta Culinary Experience".

Baca juga: DKI gencarkan penataan wilayah dan "beutifikasi" sambut KTT ASEAN

Direktur Utama JXB Novita Dewi menambahkan, buku saku kuliner tersebut bisa didapatkan dengan membayar Rp1 rupiah melalui "Creative Box" dan secara gratis di totem yang berlokasi di beberapa Stasiun MRT.

Dalam penyusunan buku saku ini, Jaktour (JXB) berkolaborasi dengan Feastin sebagai
kurator rekomendasi kuliner tersebut.

“Kami mengajak wisatawan untuk lebih aktif menjelajah sudut kota Jakarta dengan merekomendasikan kuliner yang berjarak kurang lebih 1 km dari Stasiun MRT,” ujar Novita.

Novita mengatakan, dengan adanya kedua produk ini diharapkan dapat memberi peluang dan ruang bagi UMKM Jakarta untuk memperluas pasarnya serta dapat memenuhi kebutuhan wisatawan menjelajah kota.

"Pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta tentunya dapat berjalan lancar dengan dukungan dari Pemprov DKI Jakarta melalui sinergi dengan sesama BUMD maupun pihak swasta," katanya.

Baca juga: DKI perlu tambah pesawat nirawak menjelang KTT ASEAN

Adapun pada tahap pertama, JXB akan meluncurkan lima "Creative Box" yang tersebar di berbagai titik seperti dua unit di Halte
Integrasi CSW, satu unit di Halte TransJakarta Balai Kota, satu di Tebet Eco Park dan satu di "Creative Zone" di Dukuh Atas.

Ditargetkan pengembangan "Creative Box" dari JXB bisa lebih dari 20 buah di masa mendatang, termasuk di Stasiun MRT.

Peluncuran "Creative Box" dan "Jakarta Culinary Experience" diselenggarakan di Halte CSW dihadiri oleh Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf DKI Jakarta Hari Wibowo, Ketua Subkelompok Usaha Pariwisata BP BUMD DKI Jakarta Karel Tambunan, Direktur Utama JXB Novita Dewi, Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat, Editorial Director Kevindra Soemantri dan awak media.

Dalam kegiatan ini pula, JXB melakukan penandatangan MoU dengan MRT Jakarta terkait dengan pengembangan kawasan berorientasi transit (Transit Oriented Development/TOD) dan pariwisata Jakarta.
Baca juga: Pemkot Jaksel bangun taman di sekitar Sekretariat ASEAN

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023