Jalur kereta Manggarai - Sudirman dan Bandara Soekarno Hatta itu merupakan satu paket"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah menargetkan pembangunan jalur commuter line menuju Bandara Soekarno Hatta mulai beroperasi awal 2014.

"Kami berkoordinasi menjaga supaya awal 2014 target tercapai dengan beroperasinya kereta api ke bandara Soekarno Hatta, Cengkareng," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono pada diskusi bertajuk "Mengurai Kemacetan Jakarta" di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, jalur kereta api Jakarta - Tangerang ini sedang dibangun dan diharapkan transportasi dari tengah kota menuju Bandara Soekarno Hatta nanti bisa menggunakan kereta api.

Proyek ini ditargetkan beroperasi awal 2014 dengan melibatkan koordinasi PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura.

Dia menjelaskan jalur commuter ini akan terhubung dengan jalur commuter di tengah kota seperti Stasiun Manggarai dan Sudirman.

"Jalur kereta Manggarai - Sudirman dan Bandara Soekarno Hatta itu merupakan satu paket," katanya.

Stasiun Manggarai, Sudirman, Duri, Tangerang dan Batu Ceper akan menjadi stasiun-stasiun pusat dengan jarak antarstasiun sekitar 10 hingga 12 kilometer.

Bambang mengakui kemacetan di Jakarta tidak bisa dihilangkan seluruhnya, tetapi dengan pengelolaan yang tepat niscaya bisa dikurangi.

"Dengan memperbaiki transportasi umum, saya optimistis di masa depan, masyarakat akan berpindah menggunakan moda transportasi umum," kata Bambang.

(A064/S025)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012