Jakarta (ANTARA) - Selebritas Nirina Zubir membagikan sejumlah pengalaman dan kiat yang bisa dicermati agar tidak melewatkan hal-hal menarik saat melancong ke Hong Kong.

Baca juga: Hong Kong Peak Tram kembali beroperasi setelah renovasi

Menurut dia, Hong Kong merupakan destinasi wisata serba ada sehingga wisatawan tak perlu khawatir kehabisan ide wisata.

"Kalau aku sarankan sih enggak usah bawa baju ya, karena belanja di sana aja," kata Nirina saat ditemui di Jakarta, Rabu (12/4).

Hong Kong yang dijuluki sebagai Kota Mutiara dari Timur itu memang sejak dulu terkenal sebagai surganya berbelanja bagi para pelancong, utamanya turis asing, tak terkecuali Indonesia.

Selain itu, Nirina menyarankan untuk tidak melewatkan aktivitas berbelanja saat berkunjung ke Hong Kong, meski tujuan utama ke sana adalah berwisata atau kuliner, misalnya.

"Kalau seandainya kita sedang ingin suatu barang yang belum keluar di Indonesia atau di mana-mana, Hong Kong adalah salah satu tempat yang pasti punya dan paling cepat tersedia," katanya.

Aktris yang pernah tinggal di Hong Kong itu lantas merekomendasikan pusat berbelanja di Mong Kok, utamanya bagi para pemburu dan pencinta sneakers.

Hong Kong adalah sebuah provinsi otonom yang terletak di bagian tenggara Tiongkok di estuari Sungai Mutiara, terkenal dengan alam laut yang bersentuhan langsung dengan kehidupan modern dalam gedung-gedung pencakar langit.

"Aku rekomendasikan untuk juga merasakan transportasi umumnya di sana, jajal naik kereta trem, dan MTR untuk keliling melihat keseluruhan kota Hong Kong, gedung-gedung tinggi yang langsung tiba-tiba depannya lautan," kata dia.

Lebih lanjut, pemeran utama “Get Married” itu menyebut transportasi di Hong Kong sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan, tidak hanya bagi warganya, namun juga turis.

Informasi lengkap, jelas, dan mudah dimengerti juga tersedia pada seluruh transportasi umum di Hong Kong, sehingga turis asing tak perlu ragu untuk menggunakan fasilitas ini.

"Dulu aku masih 6 tahun kemampuan bahasa sana juga pas-pasan hanya modal nekat, tapi tetap aman dan sampai tujuan, karena memang mudah banget, jadi dari kecil aku sudah bisa jadi solo traveler di sana,” ujar Nirina.

"Transportasi dari dulu sudah sangat memadai dari ujung ke ujung kota terjamah," tambah dia.

Selain untuk berbelanja dan jalan-jalan, Hong Kong juga dikenal akan kulinernya yang beragam dari mulai makanan legendaris hingga jajaran street food yang melimpah.

Bahkan, lanjut Nirina, saat ini pemerintah Hong Kong cukup memperhatikan kenyamanan para wisatawan Muslim yang berkunjung ke kotanya, yakni dengan menawarkan berbagai pilihan kuliner bersertifikasi halal.

"Di sana kuliner melimpah, bahkan jajanan di pinggir jalan pun banyak yang sudah mendapat michelin star. Sekarang di Hong Kong juga ada banyak banget tempat makan halal,“ kata dia.


Baca juga: Resorts World Cruises mulai perjalanan kembali di Hong Kong

Baca juga: Hong Kong cabut syarat pembatasan untuk wisatawan mancanegara

Baca juga: Hong Kong izinkan kelompok wisatawan pada November


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023