kalau musim hujan butuh dua hari perjalanan
Makassar (ANTARA) - Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Selatan bekerja sama dengan  Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) menyalurkan paket Ramadhan hingga pelosok Sulawesi Selatan di Dusun Longa Desa Embonatana Kecamatan Seko, Luwu Utara.

Relawan IZI Sulsel Akbar Hamzah melalui keterangannya di Makassar, Kamis mengemukakan bahwa sebagian besar warga di Dusun Longa bekerja sebagai petani coklat.

Hamzah yang berada di Seko menuturkan, guna memenuhi kebutuhan hidupnya, masyarakat bergantung ke hasil tani. Terlebih bahan sembako terkadang sulit untuk didapatkan.

"Jika cuaca buruk atau ada longsor bahan sembako akan terkendala tiba di Seko. Sehingga warga sulit memenuhi hidupnya. Bukan hanya itu harga sembako di sini dua kali lipat harganya," ujarnya.

Baca juga: Pupuk Indonesia salurkan 1.000 paket sembako di Kalimantan Selatan
Baca juga: Menaker serahkan paket Ramadhan untuk pengemudi-petugas kebersihan

Kecamatan Seko dikenal sebagai wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) dengan kondisi jalan yang ekstrem sehingga biaya angkutan ojek juga sangat mahal.

"Meski demikian, semangat untuk membantu saudara-saudara kita di Kecamatan Seko tidak mengenal beratnya medan yang harus ditempuh. Terlebih buat saudara kita yang saat ini sedang menjalani bulan suci Ramadhan," urainya.

Hamzah mengemukakan agar bisa menyalurkan bantuan ke wilayah tersebut, relawan IZI membutuhkan waktu dua hari akibat ekstremnya cuaca dan jalanan yang rusak.

"Jika musim kemarau bisa satu hari sampai di Seko. Namun kalau musim hujan butuh dua hari perjalanan. Buat yang ingin ke kota, harus punya keahlian memperbaiki motor karena kalau tidak tahu maka akan menunggu orang yang bisa membantu," sebutnya.

Baca juga: Pemkot Surabaya terima bantuan 1.000 paket sembako Ramadhan
Baca juga: Kalteng sediakan 37.000 paket sembako murah untuk lima kabupaten

Akbar Hamzah yang juga merupakan da'i IZI Sulsel di Seko mengucapkan syukur dan terima kasih kepada MTT dan IZI yang telah menyalurkan paket Ramadhan di wilayah binaannya.

"Ini bagian dari pendekatan kepada masyarakat agar semakin semangat untuk dibina. Di dusun Longa ada sekitar 10 mualaf sedangkan lebihnya memang seorang Muslim," jelasnya.

Sementara itu, salah satu penerima manfaat bernama Hadirah mengucapkan terima kasih karena selama ini belum ada lembaga sosial yang menyalurkan bantuan paket Ramadhan lengkap seperti saat ini.

"Selama ini hanya dari pemerintah itu pun tidak rutin. Baru kali ini ada dari swasta. Kami sangat puas terhadap apa yang diberikan. Kami sangat senang. Semoga yang memberikan bantuan ini dibalas kebaikan juga," ujarnya.

Baca juga: Keluarga kurang mampu di Aceh diberikan bantuan paket Ramadhan
Baca juga: YBM PLN Karawang salurkan paket sembako kepada dhuafa dan guru ngaji
Penerima bantuan paket Ramadhan di Seko, Luwu Utara, Sulsel. ANTARA/HO-Humas IZI Sulsel

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023