Pembentukan posko angkutan Lebaran tahun 2023 ini tujuannya memberikan kenyamanan, keamanan, dan ketertiban, selama arus mudik yang menggunakan fasilitas bandar udara...
Batam (ANTARA) - Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim membentuk posko guna menciptakan angkutan udara yang aman dan nyaman selama libur Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023.

“Pembentukan posko angkutan Lebaran tahun 2023 ini tujuannya memberikan kenyamanan, keamanan, dan ketertiban, selama arus mudik yang menggunakan fasilitas bandar udara agar bisa berjalan dengan baik,” ujar Kepala Posko Angkutan Lebaran Bandara Internasional Batam Khoufan Rizki Oktarian di Batam, Kepulauan Riau (Kepri)), Jumat.

Dia menjelaskan posko ini untuk membantu memantau dan mengkoordinasi bila ada lonjakan penumpang serta gangguan keamanan selama arus mudik maupun arus balik Lebaran.

“Untuk itu kami melibatkan sebanyak 388 personel dari BIB dan untuk instansi lainnya seperti TNI/Polri, dan Basarnas, sesuai yang dibutuhkan,” kata dia.

Layanan yang ada di posko  untuk calon penumpang, kata dia, berupa informasi penerbangan, layanan pengaduan, informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan juga dari PLN.

Baca juga: Hang Nadim Batam ingatkan penumpang menghindari beli tiket pada calo

Dia menyebutkan arus penumpang kali ini diprediksi akan mengalami kenaikan sebesar 20 persen dari tahun sebelumnya.

Khoufan menyebut puncak arus mudik diprediksi H-3 atau 19 April 2023 dengan pergerakan penumpang diperkirakan mencapai 10 ribuan untuk datang dan berangkat.

Dengan adanya kenaikan jumlah penumpang tersebut, kata dia, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam posko untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan dalam musim mudik Lebaran tahun ini.

“Bagi calon penumpang diharapkan untuk tetap dapat memperhatikan ketentuan dan syarat perjalanan yang berlaku, dimohon untuk tetap tertib melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Khoufan.

Baca juga: Bandara Hang Nadim tambah penerbangan hadapi lonjakan penumpang mudik

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023