Sarapan sangat penting, memudahkan anak-anak untuk menyerap pelajaran, tidak mudah sakit dan mendorong prestasi belajar lebih bagus
Bogor (ANTARA News) - Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor menggelar kampanye sarapan sehat yang diikuti oleh 300 warga masyarakat di lingkar kampus Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

"Kampanye ini diikuti oleh 300 masyarakat dari 10 desa yang berada di lingkar kampus IPB Dramaga," kata Divisi Humas IPB, Septian Suhandono.

Ia menjelaskan ada tiga rangkaian acara dalam Kampanye Sarapan Sehat ini yakni seminar populer Sarapan Sehat, lomba memasak sarapan sehat berbasis pangan lokal yang diikuti ibu-ibu dan lomba dongeng tentang sarapan yang diikuti oleh anak-anak sekolah dasar (SD).

Latar belakang dilaksanakannya Kampanye Sarapan Sehat karena melihat kebiasaan sarapan masyarakat Indonesia masih rendah dan kurang memahami pentingnya sarapan.

"Lewat Kampanye Sarapan Sehat ini dapat menambah wawasan masyarakat akan pentingnya sarapan dan menyediakan sarapan sehat dan bergizi," katanya.

Ia berharap melalui kegiatan ini ada peningkatan kuantitas anak-anak yang sarapan meningkat dengan menu sarapan yang lebih baik dan bergizi.

"Sarapan sangat penting, memudahkan anak-anak untuk menyerap pelajaran, tidak mudah sakit dan mendorong prestasi belajar lebih bagus," katanya.

Peserta Kampanye Sarapan Sehat terdiri atas ibu-ibu pengajian, kader PKK, Posyandu, tokoh masyarakat dan anak-anak sekolah yang berada di 10 desa di lingkar Kampus IPB.

"Ini merupakan tahap awal, dengan melibatkan masyarakat di 10 desa di lingkar kampus IPB. Mereka akan menjadi duta sarapan sehat yang diharapkan nanti bisa menjadi penyebar informasi dan rujukan bagi daerah lain," katanya.

Kampanye Sarapan Sehat dibuka secara resmi oleh Kepala Departemen Gizi Masyarakat, FEMA IPB Dr Ir Budi Setiawan, MS, yang mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut.
(LR/Y006)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012