Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengimbau Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota memakai rompi warna mencolok demi keamanan dan keselamatan.

 Hal itu disampaikan terkait insiden korban AF tewas terlindas bus TransJakarta di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (13/4).

"Sedapat mungkin menggunakan baju kerja yang mudah dipahami. Kalau kemarin kan bajunya hijau sehingga menyerupai pohon pas melintas," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat ditemui di Jakarta Selatan, Jumat.

Syafrin menyarankan lebih baik warna rompi ataupun pakaian yang dikenakan PJLP Dinas Pertamanan memakai warna jingga (oranye) yang mencolok agar mudah dikenali saat berada di sekitar area perlintasan TransJakarta.

Selain rompi, menurut dia, perlu adanya penambahan pengamanan untuk keselamatan pekerja seperti pemasangan pembatas jalan (traffic cone) sehingga PJLP saat bekerja bisa terlindungi.

“Kami pun sudah koordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota bahwa pekerjanya saat mereka bekerja di jalan. Itu harus ada aspek keselamatan," katanya.

Baca juga: Polisi tangani kecelakaan motor-TransJakarta tewaskan seorang wanita
Baca juga: Lansia tewas tertabrak TransJakarta di perempatan Kebon Sirih

Harapan Syafrin, saran tersebut bisa dipertimbangkan oleh dinas terkait demi meningkatkan keamanan dan keselamatan para pekerjanya saat bertugas.

Sebelumnya, terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan seorang PJLP Dinas Pertamanan dan Hutan Kota ​​​berinisial AF tewas terlindas bus TransJakarta di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, pada Kamis (13/4) pagi pukul 09.45 WIB.

Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya AKBP Jhoni Eka Putra mengatakan saat itu pengemudi TransJakarta melaju dari arah timur menuju ke barat di Jalan Pemuda sebelum halte busway Layur Jakarta Timur.

"Tiba-tiba dari arah samping datang pejalan kaki sedang mencabut rumput sehingga kendaraan bus TransJakarta menabraknya," kata Jhoni.

Akibat kecelakaan tersebut, AF mengalami luka pada bagian kepala dan meninggal dunia yang selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).
Baca juga: Seorang wanita tewas terlindas TransJakarta di Senen

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023