Penyaluran langsung di tiga kecamatan. Saya melihat wajah-wajah bahagia. Semua berkumpul untuk mendapat bantuan sosial. Semoga ini bermanfaat untuk penerima
Kediri, Jatim (ANTARA) - Sebanyak 2.357 warga Kota Kediri, Jawa Timur, menerima bantuan sosial yang bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) sebesar Rp800 per penerima, yang diberikan menjelang Lebaran (Idul Fitri) 2023.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Sabtu di Kediri, Sabtu mengemukakan bantuan sosial ini disalurkan untuk warga kurang mampu di wilayah Kota Kediri. Untuk Kecamatan Kota dipusatkan di Kantor Kelurahan Kaliombo, Kecamatan Pesantren di Kantor Kecamatan Pesantren, dan Kecamatan Mojoroto di Kantor Kecamatan Mojoroto.

"Penyaluran langsung di tiga kecamatan. Saya melihat wajah-wajah bahagia. Semua berkumpul untuk mendapat bantuan sosial. Semoga ini bermanfaat untuk penerima," katanya.

Ia pun meminta agar masyarakat penerima bantuan sosial ini memanfaatkan bantuan yang diterima dengan baik, terlebih lagi menjelang Idul Fitri. Masyarakat diimbau belanja dengan bijak sesuai dengan kebutuhannya dan secukupnya.

"Nanti dibelanjakan dulu secukupnya. Saya, Pak Kapolres, dan Pak Dandim akan menjaga Kota Kediri agar lebaran ini berjalan aman dan nyaman," kata Abdullah Abu Bakar.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Paulus Luhur mengatakan bantuan sosial yang diberikan untuk warga kurang mampu tersebut bersumber dari dana DBHCHT 2023. Warga menerima dana bantuan ini untuk empat bulan yakni Januari-April 2023, dengan jumlah Rp800.000 per penerima sehingga per bulan adalah Rp200 ribu.

Ia menyebut, secara total ada 2.357 penerima manfaat. Mereka adalah warga kurang mampu. Mereka juga sudah didata sebelumnya sehingga memang benar-benar layak mendapatkan bantuan.

Proses penyaluran juga secara langsung, sehingga masyarakat bisa langsung memanfaatkannya.

"Penerimaan dana ini untuk empat bulan yakni Januari-April dengan jumlah Rp800.000 per penerima. Penyaluran kami lakukan secara tunai, agar lebih cepat dibelanjakan," kata dia.

Sementara itu, Sri, warga Kelurahan Mojoroto, Kota Kediri bersyukur dengan bantuan ini. Ia bisa membeli kebutuhan sehari-hari, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Alhamdulillah sangat bersyukur. Terima kasih telah memberikan bantuan sosial ini. Nanti saya akan gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Sri.

Proses pemberian juga dilakukan di tiga kecamatan. Warga pun antre untuk mendapatkan bantuan sosial tersebut. Mereka didata sesuai dengan dana yang sudah masuk.

Baca juga: Kediri latih petugas kelurahan terima daftar bantuan modal DBH Cukai

Baca juga: Pemkot Kediri buka pengurusan NIB dan bantuan modal bagi disabilitas

Baca juga: Jelang Lebaran, Kota Kediri-Jatim minta warga bantu sosialisasi prokes

Baca juga: Jasa Raharja Kediri siagakan petugas hadapi Lebaran

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023