Bangli, Bali (ANTARA) - Badan pangan nasional (Bapanas) melalui Bulog menyalurkan beras kepada 13.383 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Bangli, Propinsi Bali, dimana masing-masing keluarga menerima beras 10 Kg setiap bulan dan akan dibagikan selama tiga bulan.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk mencegah dan menekan inflasi, serta membantu masyarakat yang kurang mampu," kata Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Badan Pangan Nasional I Gusti Ketut Astawa, demikian siaran pers Diskominfo Bangli, Sabtu.

"Bantuan sosial dalam bentuk pembagian beras 10 Kg ini merupakan perintah Presiden Jokowi untuk mengendalikan harga dan sebagai bentuk pemerintah ada di sisi masyarakat dengan tiga poin, yang utama intervensi pemerintah pada harga menyasar masyarakat yang membutuhkan dan memberikan manfaat lebih," kata Ketut Astawa.

Walau pun bertahap selama 3 bulan, bantuan itu harus tetap berjalan untuk meringankan beban masyarakat. Dan ini merupakan kerjasama dari pemerintah pusat dan kabupaten sehingga bantuan ini bisa turun.

Baca juga: ID Food gandeng peternak ayam lokal bantu penanganan stunting

Baca juga: Pos Indonesia: 3,2 Juta KPM terima Bansos BPNT-PKH sebelum Lebaran


Tatkala seluruh elemen pemerintahnya kompak, negara pasti akan hadir di tengah-tengah masyarakat dan berharap bantuan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang berhak menerima.

Pimpinan Wilayah Perum Bulog Bali Sony Supriadi menjelaskan bantuan sosial yang ditugaskan Presiden ini melalui Bapanas di Kabupaten Bangli berjumlah 13. 383 KPM.

Sedangkan untuk Kecamatan Susut sebanyak 2.714 KPM dan berharap dapat mengurangi beban masyarakat khususnya beras. Bansos ini akan diterima tiga kali selama tiga bulan sejumlah 10 kg untuk masing-masing KPM dan ini adalah upaya pemerintah untuk mengurangi inflasi yang terjadi saat ini.

Wakil Bupati Bangli Wayan Diar menyampaikan apresiasinya. “Kami atas nama pemerintah kabupaten Bangli mengucapkan terima kasih kepada Badan Pangan Nasional melalui Bulog yang telah melaksanakan penyaluran beras yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah (CPP) di Kabupaten Bangli,”.

Acara pelepasan bantuan sosial itu dilaksanakan di halaman Kantor Camat Susut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Bangli I Wayan Diar, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Badan Pangan Nasional I Gusti Ketut Astawa, Pimpinan Wilayah Perum Bulog Bali Sony Supriadi.

Lalu, Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Provinsi Bali, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Bali, Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Bangli, Dinas sosial Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Bangli, Pendamping Dinas Sosial P3A Kab. Bangli, Camat Susut, Kapolsek Susut, Danramil Susut, dan kepala desa se- Kecamatan Susut.*

Baca juga: PT Pos telah salurkan 3,5 juta kilogram beras bantuan pangan di Aceh

Baca juga: Kantor Pos Jayapura salurkan bantuan pangan ke 10 ribu PBP

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023