Surabaya (ANTARA) - Persebaya Surabaya berhasil memenangkan laga terakhir melawan Dewa United dengan skor 3-0 saat pertandingan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 yang digelar di Stadion Gelora Joko Samudro Kabupaten Gresik, Sabtu (15/4) malam.

Tiga gol Persebaya tercipta dari Denny Agus pada menit 29, Sho Yamamoto menit 72 dan satu gol dari Paulo Victor pada menit ke-90.

Dari hasil pertandingan tersebut Persebaya bertengger ke peringkat enam pada klasemen akhir dengan raihan 52 poin dari 34 pertandingan.

Sedangkan lawannya, Dewa United berada di peringkat 17 dengan poin 33 dari 34 pertandingan.

Jalannya pertandingan babak pertama, lima menit pertama kedua kesebelasan langsung menyuguhkan permainan atraktif dengan saling serang.

Baca juga: Aji Santoso evaluasi pemain Persebaya saat lawan Dewa United

Persebaya membuat peluang melalui Ze Valente pada menit ke-7 yang ditepis penjaga gawang Dewa United M Natshir dan bola muntahannya juga belum mampu dimanfaatkan oleh Supriadi.

Pemain asal Jepang, Sho Yamamoto membuat peluang pada menit ke-21 namun tendangannya melebar tipis di sebelah kiri penjaga gawang.

Giliran Dewa United membuat peluang pada menit 22, tetapi sepakan Osman ditepis oleh penjaga gawang Persebaya Ernando Ari.

Klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut pada menit 24 mendapat peluang melalui sundulan Leo Lelis hasil umpan dari Ze Valente, tetapi masih bisa diantisipasi oleh penjaga gawang lawan.

Gol Persebaya tercipta pada pada menit ke-29 dari Denny Agus lewat tendangannya dari luar kotak penalti.

Skor sementara berubah 1-0, kemenangan untuk Persebaya.

Baca juga: Aji Santoso : Sejumlah mantan pemain kembali ke Persebaya musim depan

Dewa United yang tertinggal,tidak mau tinggal diam, lewat Feby Eka pada menit 30 membuat peluang namun tendangannya berhasil ditangkap oleh penjaga gawang Persebaya kelahiran Semarang tersebut.

Selang dua menit, Rangga Muslim membuat peluang juga untuk Dewa United tapi ditepis oleh Ernando.

Giliran pemain asing Dewa United Osman membuat peluang, namun sepakan kerasnya yang langsung mengarah ke gawang Ernando berhasil ditepis.

Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum, skor masih 1-0, kemenangan untuk Persebaya.

Pada babak kedua, Persebaya maupun Dewa United langsung bermain menyerang.

Pada menit ke-56, Dewa United mendapat peluang emas dari sundulan Osman yang membentur mistar gawang Persebaya, tetapi masih bisa dihalau Ernando.

Dewa United melalui tendangan bebas dari Osman membuat peluang pada menit 66, tapi sang penjaga gawang Ernando mampu menahannya.

Baca juga: Gol semata wayang Hansamu bawa Persija tundukkan Dewa United 1-0

Persebaya akhirnya menambah defisit golnya melalui tendangan Sho Yamamoto, yang berhasil menjebol gawang Dewa United M Natshir pada menit ke-72.

Berawal dari umpan-umpan pendek yang dibangun dari tengah, pemain asal Jepang tersebut berhasil menggocek bola hingga ke dalam kotak penalti dan langsung menendang tepat ke arah gawang.

Skor sementara berubah 2-0, kemenangan untuk Persebaya.

Peluang kembali didapatkan Persebaya, melalui umpan-umpan pendek para pemain asingnya. Namun Paulo Victor belum bisa mengeksekusinya dengan baik.

Paulo Victor menunjukkan taringnya, yang berhasil menjebol gawang Dewa United melalui serangan balik pada menit ke-90.

Skor berubah 3-0 keunggulan untuk Persebaya

Hingga wasit Annas Apriliandi meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor masih 3-0, kemenangan bagi Persebaya.


Berikut susunan pemain:

Persebaya: Ernando Ari (PG), Leo Lelis, Riswan Lauhin, George Brown, Alta Ballah, M Alwi Slamat, Denny Agus, Ze Valente, M Supriadi, Sho Yamamoto, Paulo Victor.

Pelatih: Aji Santoso

Dewa United: M Natshir (PG), Zaenuri, M Berlian, Bhudiar, Rangga, Egy Maulana V, Osman, Ichsan K, Feby Eka, Achmad Faris, Nasir

Pelatih: Johannes Hendrikus Olde Riekerink

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023