Indonesia merupakan negara potensial dan layak menjadi perhatian Ethiopia...
Kairo (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Ethiopia Tewadros Adhanom mengatakan keinginannya untuk menyerap atau mengadopsi kurikulum pendidikan dan pelatihan (diklat) diplomat kementerian luar negeri RI.

"Indonesia merupakan negara potensial dan layak menjadi perhatian Ethiopia, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri Ethiopia akan mengadopsi sistem Kementerian Luar Negeri RI dalam hal kurikulum diklat diplomat, policy planning," kata Menlu Adhanom dalam siaran pers KBRI Addis Ababa, Selasa.

Menlu Adhanom yang baru saja diangkat sebagai menteri luar negeri itu juga berhasrat mengunjungi Indonesia pada 2013, katanya.

Keinginan Menlu Adhanom itu disampaikannya di hadapan para duta besar negara sahabat Ethiopia dalam jamuan diplomatik cocktail party di Hotel Sheraton di Addis Ababa pada akhir pekan lalu terkait pengangkatannya sebagai Menlu.

Disebutkan, dalam acara tersebut, Duta Besar RI untuk Ethiopia Ramli Saud didampingi Direktur Asia Oceania, Degemu Shartega, menyampaikan ucapan selamat dan salam hormat dari Menteri Luar Negeri R.M. Marty Natalegawa kepada Menlu Adhanom atas pengangkatannya sebagai Menlu Ethiopia.

Selain itu, Dubes Ramli Saud juga menjelaskan program yang telah dilaksanakan oleh KBRI Addis Ababa termasuk di antaranya, meletakkan legal basis interaksi hubungan ekonomi kedua negara.

"KBRI Addis Ababa akan mewujudkan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) antar kedua negara serta penyelesaian Perjanjian Penghindaran Pengenaan Pajak Berganda, Penandatanganan perjanjian promosi dan perlindungan Investasi Indonesia-Ethiopia," kata Dubes Ramli Saud.

Menlu Adhanom memberikan penghargaannya kepada Dubes Ramli Saud atas usahanya dalam meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Ethiopia dalam konteks antarpemerintah, pengusaha serta antarwarga.

(M043) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2012