Di Pavilion Indonesia, area seluas 1.500 meter persegi digunakan oleh 157 co-exhibitors yang dibagi dalam beberapa zona
Hannover, Jerman (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau persiapan akhir penyelenggaraan Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023.

“Di Pavilion Indonesia, area seluas 1.500 meter persegi digunakan oleh 157 co-exhibitors yang dibagi dalam beberapa zona sesuai dengan Highlight Theme Indonesia Partner Country,” kata Menperin di Hannover, Jerman, Senin.

Berbagai zona tersebut yaitu zona A untuk perusahaan dengan tema sustainability and energy, zona B sebagai main zone Making Indonesia 4.0 dan engineered part and solution, zona C untuk BUMN.

Zona D untuk tema investment/industrial park dan human capital, serta zona HM yang diperuntukkan bagi tema startup and innovation dan HM Display Categories.

Pameran industri terbesar di dunia, Hannover Messe 2023 telah dibuka pada 16 April 2023 oleh Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Baca juga: Presiden: Indonesia terbuka untuk berkolaborasi di Hannover Messe 2023

Baca juga: Komitmen investasi Hannover Messe capai 200 kali lipat dari target


Selanjutnya, Presiden RI dan Kanselir Jerman dijadwalkan meresmikan Pavilion Indonesia pada 17 April 2023 pukul 08.45 waktu Hannover.

"Hannover Messe bisa memberikan gambaran perkembangan ekonomi dan manufaktur di Indonesia. Diharapkan, kolaborasi teknologi dan investasi bisa diselenggarakan dalam pameran kali ini,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Hannover.

Peresmian Pavilion Indonesia akan dilanjutkan dengan Walkabout, Business Summit, serta Indonesia Country Night pada 17 April 2023 dan beberapa kegiatan conference dengan beberapa tema terkait teknologi pada 18 – 20 April 2023.

Pavilion utama Indonesia mengusung konsep kapal Pinisi dan tagline "Infinite Journey" dalam Hannover Messe 2023 yang diharapkan dapat menginspirasi dan mendorong peserta untuk merangkul peluang tak terbatas dari ajang ini.

Selain mengunjungi Paviliun pusat Indonesia di Hall 2, rombongan juga meninjau ke Hannover Congress Centrum sebagai tempat pelaksanaan opening ceremony Hannover Messe 2023.

Baca juga: Industri daur ulang RI-Singapura teken kerja sama di Hannover Messe

Baca juga: RI bidik investasi Rp30 triliun di Hannover Messe 2023


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023