Kami berharap program mudik gratis menjadi satu bagian dari upaya Polri berbagi dan juga mengatasi kepadatan lalu lintas yang akan terjadi saat hari-hari liburan Idul Fitri yang diperkirakan puncak arus mudik pada tanggal 19-20 yaitu H-3 Lebaran
Denpasar (ANTARA) -
Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Polisi Putu Jayan Danu Putra didampingi Kapolresta Denpasar Komisaris Besar Polisi Bambang Yugo Pamungkas melepas delapan unit bus berisi 406 pemudik gratis tujuan Jawa Timur di Terminal Ubung, Denpasar.
 
Ratusan pemudik gratis yang diberangkatkan dari Denpasar, Bali, Senin (17) tersebut merupakan pemudik yang melakukan perjalanan tujuan Banyuwangi, Situbondo, Pasuruan, Bondowoso, Sidoarjo dan Surabaya.
 
Jumlah pemudik gratis yang diberangkatkan tersebut meningkat dari target yang telah ditetapkan sebelumnya. Karena itu, Polda Bali, Polresta Denpasar dan Polres Gianyar menambah dua bus lagi dari sebelumnya hanya enam bus.
 
Ia mengatakan program mudik gratis yang dilakukan tersebut merupakan langkah untuk mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan menjelang puncak arus mudik Lebaran tahun 2023.
 
"Kami berharap program mudik gratis menjadi satu bagian dari upaya Polri berbagi dan juga mengatasi kepadatan lalu lintas yang akan terjadi saat hari-hari liburan Idul Fitri yang diperkirakan puncak arus mudik pada tanggal 19-20 yaitu H-3 Lebaran,” kata Putu Jayan.
 
Sebelum diberangkatkan, tim medis Polresta Denpasar memeriksa kesehatan dan memberikan vitamin kepada seluruh pemudik, sopir dan kondektur bus agar memastikan mereka dalam keadaan sehat dan selamat sampai tujuan nantinya.
 
Selain itu, Satuan Lalu Lintas dibantu Tim Srikandi presisi Polresta Denpasar membantu para pemudik untuk melakukan registrasi, hingga masuk dalam bus.
 
Menurut Kapolda kegiatan mudik gratis tersebut terlaksana sesuai arahan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yakni wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat.
 
Mudik gratis tersebut, kata dia, juga merupakan salah satu upaya Polri untuk mengatasi kepadatan lalu lintas hingga pada akhirnya menciptakan mudik yang aman bagi masyarakat.

Ia  menyatakan Polda Bali memastikan jalur mudik di wilayah hukum Polda Bali aman terkendali dimana Polda Bali sudah memetakan kerawanan dan kepadatan yang mungkin terjadi dari jalur utama yaitu Denpasar sampai Pelabuhan Gilimanuk.
 
Di jalur-jalur tersebut, terdapat pos pelayanan dan Pos Pengamanan yang senantiasa melakukan pemantauan dan pengamanan arus mudik nantinya.
 
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas menyampaikan melalui mudik gratis, keselamatan pemudik lebih terjamin dan aman.
 
 
“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi mudik menggunakan roda dua dan lebih memakai fasilitas umum. Untuk itulah Polresta Denpasar dan Polres Gianyar menyiapkan mudik gratis ini,” katanya.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi siapkan 8 bus mudik gratis dari Bali

Baca juga: Sembilan bus mudik gratis disiapkan untuk rute Bali-Banyuwangi

Baca juga: Sebanyak 150 orang di Bali ikuti mudik gratis tujuan Banyuwangi-Jember

Baca juga: Diusulkan ada mudik gratis dari Bali-NTB ke Jawa, ini alasannya

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023