Pemudik itu sudah ramai sekarang, jika dilihat dari catatan petugas, hampir 10.000 pemudik yang sudah diberangkatkan per hari ini,
Banjarmasin (ANTARA) - Petugas Posko Induk Angkutan Laut Lebaran 2023 Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Deni Hendra Mulyadi menyebutkan, hampir 10.000 pemudik berangkat dari Pelabuhan Trisakti menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada H-5 Lebaran 2023.

“Pemudik itu sudah ramai sekarang, jika dilihat dari catatan petugas, hampir 10.000 pemudik yang sudah diberangkatkan per hari ini,” kata Deni di Banjarmasin, Senin.

Deni menuturkan, berdasarkan data rekapitulasi, lonjakan penumpang terjadi sejak empat hari yang lalu.

Baca juga: 4.037 pemudik berangkat lewat Pelabuhan Kumai

Jika dikalkulasikan dengan data hingga H-5 lebaran, ia katakan, rata-rata jumlah pemudik ada 1.000 orang lebih per hari.

Pemudik mencapai 9.700 orang lebih, jumlah tersebut belum termasuk data sopir dan kernet mobil truk untuk keberangkatan hari ini yang ditafsir mencapai ratusan orang.

Berdasarkan data yang terhimpun jika direkap total kurang lebih 10.000 orang.

Deni mengimbau para pemudik agar lebih mengutamakan keselamatan dan keamanan.

“Saya berpesan ke pemudik agar berhati-hati, selalu menjaga barang bawaan, supaya semua lancar,” ucapnya.

Baca juga: ASDP Tanjungkalian tambah jadwal penyeberangan menjadi 14 trip

Hingga H-5 lebaran, pihaknya belum menemukan kendala di lapangan ataupun tindakan-tindakan kejahatan yang mengganggu keamanan para pemudik.

Pihaknya berharap para pemudik selalu tepat waktu sesuai jadwal keberangkatan agar petugas di pelabuhan dapat memberi pelayanan yang maksimal.

Sementara itu salah seorang warga Kota Palangkaraya Salim (43) hendak mudik ke Jawa Timur dengan membawa mobil pribadi  ke dalam kapal.

“Mau mudik ke rumah keluarga di Pacitan, jadwal kapal saya hari ini,” ucap Salim.

Salim menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda empat dari Palangkaraya menuju Pelabuhan Trisakti sekitar lima jam dan bermalam di pelabuhan menunggu jadwal keberangkatan.

Ia mengaku mudik kali ini lebih longgar karena tahun sebelumnya pandemi sehingga ada pembatasan.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023