Moskow (ANTARA News) - Satu gugus tugas angkatan laut dari Armada Rusia Utara Rabu meninggalkan pangkalan Severomorsk  menuju Tanduk Afrika dalam misi baru anti-pembajakan, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Gugus ini termasuk kapal selam besar Severomorsk, kapal tarik penyelamatan Altai dan kanpal tanker Dubna, serta kontingen subunit infanteri angkatan laut.

Pasukan itu akan melakukan perjalanan panjang dari Mediterania, melewati Terusan Suez dan meringankan beban gugus tugas Armada Pasifik yang telah menjalankan misi anti-pembajakan sejak November.

Sementara itu gugus tugas Armada Baltik berlayar pada Selasa untuk ke Mediterania Timur di mana ia akan membantu meringankan tugas sekelompok kapal perang di Laut Hitam.

Pasukan itu meliputi kapal fregat Yaroslav Mudry, kapal-kapal pendarat besar Kaliningrad dan Alexander Shabalin, kapal penyelamatan SB-921 dan kapal tanker Lena.

Misi anti-pembajakan baru tersebut diperkirakan akan mencapai wilayah itu pada pertengahan Januari.

Rusia membentuk gugus tugas angkatan laut di Teluk Aden sebagai bagian dari upaya internasional untuk memerangi pembajakan di lepas pantai Somalia.

Kapal perang Rusia telah berhasil mengawal ratusan kapal komersial dari berbagai negara yang melalui perairan pantai Somalia sejak tahun 2008, ketika Rusia bergabung dengan misi anti-pembajakan internasional di wilayah tersebut.

(H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012