Kota Bengkulu (ANTARA) - Gubernur Bengkulu menyurati Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait dengan penggunaan dana belanja tak terduga (BTT) yang digunakan menambah biaya keberangkatan haji 2023.
 
"Keputusan ini berdasarkan hasil rapat, dengan mempertimbangkan semua aspek dan kita akan konsultasi dengan Kemendagri, Gubernur menyurati Kemendagri untuk minta petunjuk dari Kemendagri," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri di Kota Bengkulu, Selasa.
 
Ia menyebutkan bahwa harga sewa pesawat untuk keberangkatan jamaah calon haji  Provinsi Bengkulu 2023 yang mengalami kenaikan dan hampir seluruh maskapai kompak menaikkan sewa pesawat mulai dari Rp12 miliar hingga Rp16 miliar.
 
Kenaikan harga sewa pesawat tersebut di luar perencanaan atau tidak terduga, sebab Pemprov Bengkulu telah menyediakan anggaran sewa pesawat di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bengkulu 2023 sebesar Rp 6miliar.

Baca juga: Enam calon haji prioritas lansia di Bengkulu meninggal dunia

Baca juga: 24 calon haji asal Kaur Bengkulu perpanjang paspor
 
“Ini bukan salah perencanaan, tetapi ada hal yang tidak terduga. Karena semua ongkos naik sehingga membengkak. Kemudian tambahan NPHD dari 11 orang naik menjadi 15 orang dan biaya per orang dari Rp70 hingga 80 juta. itulah yang membuat kekurangan anggaran," ujarnya.
 
Selain itu, pemerintah juga berkoordinasi dengan Kemendagri terkait anggaran apa saja yang dapat digunakan untuk menutupi kekurangan sewa pesawat haji selain BTT.
 
Terkait dengan anggaran BTT boleh atau tidak digunakan, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyerahkan kembali kepada Pemprov Bengkulu.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan Rp10 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 untuk fasilitas calon jamaah haji hingga tiba di embarkasi Padang, Sumatera Barat.
 
Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu Syariffudin menyebutkan bahwa Rp10 miliar tersebut terdiri dari biaya sewa pesawat sebesar Rp6 miliar hingga Rp6,5 miliar.
 
"Pemprov Bengkulu menyiapkan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk menyewa pesawat, bus, fasilitas calon jamaah haji lainnya hingga  tiba di embarkasi," kata dia.*

Baca juga: Bengkulu buka seleksi untuk 11 lowongan petugas haji daerah 2023

Baca juga: Kemenag: 1.636 calon jamaah haji Bengkulu berangkat pada 2023

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023