Tokyo, Jepang (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken pada Selasa menuding Rusia melanggar janjinya sendiri kepada negara-negara yang bergantung kepada gandum Ukraina yang dalam beberapa hari belakangan ini tak bisa dikirimkan ke mana-mana.

Blinken mengeluarkan pernyataan itu dalam konferensi pers yang diselenggarakan setelah pertemuan menteri-menteri luar negeri G7 di Karuizawa, Jepang.

Senin pekan ini , Ukraina mengatakan bahwa sebuah prakarsa yang diusung  PBB yang menjamin kelancaran ekspor gandum Ukraina, terancam tak berlaku setelah Rusia menghalangi pemeriksaan kapal-kapal yang terlibat dalam prakarsa tersebut di perairan Turki.

Duta besar Amerika Serikat untuk Ukraina, Bridget Brink, mengungkapkan sekitar 50 kapal antre di pelabuhan-pelabuhan Ukraina menunggu persetujuan memuatkan gandum Ukraina yang dibutuhkan negara-negara yang paling membutuhkan.

"Rusia berusaha mencekik perekonomian Ukraina dengan memperlambat arus pangan, ketimbang mematuhi syarat-syarat yang sudah mereka sepakati," tulis  Brink via Tiwtter seperti dikutip Washington Post.

Baca juga: China tolak sanksi dari AS terkait Rusia terhadap perusahaan mereka
Baca juga: Ukraina akan pakai senjata tak terlarang untuk rebut lagi wilayahnya


Sumber: Reuters

Penerjemah: Mecca Yumna
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023