Surabaya (ANTARA) - Pimpinan dan anggota DPRD Kota Surabaya memberikan santunan dan bingkisan Hari Raya Idul Fitri kepada ratusan anak yatim dan piatu di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

"Ini adalah tradisi setiap tahun yang selalu digelar di DPRD Surabaya," kata Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono di sela memberikan santunan di gedung DPRD Surabaya, Selasa.

Acara pemberian santunan tersebut diwakili Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah, Wakil Ketua DPRD Surabaya A.H. Thony, Sekretaris DPRD Surabaya Musdiq, Ketua Fraksi PKB Minun Latif, Ketua Komisi B DPRD Surabaya Lutifiyah.

Baca juga: Ketua DPRD Surabaya ringankan beban korban kebakaran di Sambikerep

Menurut dia, ada sekitar 100 anak yatim usulan dari semua fraksi di DPRD Surabaya yang mendapatkan santunan dan bingkisan Lebaran.

Adi mengatakan pada bulan Ramadhan tahun lalu, selain ada pemberian santunan dan bingkisan Lebaran, juga ada buka puasa bersama dengan anak yatim.

Namun, lanjut dia, karena ada anjuran dari Pemerintah Pusat untuk tidak menggelar buka puasa bersama di institusi pemerintah, pihaknya hanya memberikan santunan dan bingkisan Lebaran saja.

"Jadi lebih khidmat, lebih sederhana dan lebih mengena," ujar Adi.

Baca juga: PDAM Surya Sembada santuni ratusan anak yatim di Surabaya

Dengan berbagi kepada anak-anak yatim piatu tersebut, lanjut dia, merupakan wujud rasa syukur para pimpinan dan anggota DPRD Surabaya atas segala hal yang sudah tercapai selama ini.

"Kami ucapkan syukur dengan berbagi berkah dengan anak-anak yatim piatu dan semua yang mengikuti buka puasa," ucapnya.
Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono bersama pimpinan dan anggota DPRD Surabaya saat memberikan santunan anak yatim di gedung DPRD Surabaya, Selasa (18/4/2024). (ANTARA/Abdul Hakim)

Pesan Idul Fitri

Adi juga menyampaikan ucapan selamat kepada warga Surabaya yang telah lolos dari pandemi COVID-19, sehingga bisa mempersiapkan perayaan Hari Idul Fitri pada tahun ini dengan meriah.

"Saya berpesan agar menjaga lingkungan masing-masing. Terutama untuk warga yang mudik ke kampung halaman agar diadakan penjagaan kampung dan pemukiman. Hati-hati di jalan, jangan sampai mengalami musibah kecelakaan," kata Adi.

Untuk warga yang merayakan Lebaran di Surabaya, Adi juga meminta agar turut meramaikan tempat wisata di wilayah Kota Pahlawan yang kini jumlahnya tidak sedikit.

Baca juga: PDIP Surabaya tekankan pentingnya solidaritas sosial saat Ramadhan

Baca juga: Konjen RRT beri santunan anak yatim Surabaya


"Agar juga didorong UMKM tempat wisata yang nanti ramai dikunjungi. Surabaya ini memiliki banyak lokasi wisata dan kulinernya juga luar biasa. Banyak menu yang disajikan," ujarnya.

Hal ini selaras dengan imbauan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi agar warganya mengaktifkan pasukan pengamanan masyarakat (PAM) Swakarsa atau sistem keamanan lingkungan (Siskamling), baik di lingkungan tempat tinggal, kerja maupun pendidikan menjelang Lebaran tahun ini.

"Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang kondusif dan mencegah timbulnya gangguan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat," kata Eri Cahyadi.

Imbauan tersebut sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya Nomor : 000.1.10 /8947/ 436.8.6/ 2023 tentang Peningkatan Pemeliharaan Keamanan, Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat Kota Surabaya menjelang Idul Fitri 1444 H / 2023 M dan Libur Panjang.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023