Surabaya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti menyatakan masyarakat harus memaknai tradisi mudik di momen Hari Raya Idul Fitri dengan cara meningkatkan rasa kepedulian antarsesama.

Reni seusai agenda buka puasa bersama ratusan anak yatim piatu di Gedung DPRD Kota Surabaya, Rabu mengatakan salah satu langkahnya adalah berperan aktif dalam proses pengawasan keamanan di wilayah tempat tinggal masing-masing.  

"Keamanan menjadi tanggung jawab bersama, masyarakat memiliki peran penting menjaga lingkungan tempat tinggalnya," kata Reni.

Ketenteraman lingkungan, kata dia, bukan hanya menjadi tanggung jawab dari petugas keamanan, sebab ketika warga turun ambil bagian di dalamnya maka potensi aksi kriminal bisa diredam.

Upaya itu juga sejalan dengan langkah pemerintah kota (pemkot) bersama TNI, Polri, hingga jajaran di tingkat kecamatan dan kelurahan yang selalu menerjunkan personelnya berkeliling melaksanakan pengawasan di seluruh wilayah.

"Kita semua harus bersama-sama memperkuat peran pemerintah, itu yang sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Reni.

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya ini juga berharap pemkot setempat bisa membantu menyediakan kemudahan akses transportasi bagi warga yang akan melaksanakan mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Salah satu caranya adalah dengan berkoordinasi bersama Pemprov Jawa Timur yang setiap tahunnya membuka layanan mudik gratis.

"Itu untuk memastikan warga Surabaya tidak terkendala transportasi," kata tokoh perempuan Surabaya tersebut.

Layanan mudik gratis itu disebutnya merupakan cara untuk memastikan keamanan warga saat melakukan perjalanan mudik, daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Apalagi, lanjut dia, tujuan pulang ke kampung halaman untuk kembali berkumpul bersama keluarga.

Karena itu, dia mendorong pemkot agar benar-benar hadir dan memastikan warga Surabaya bisa mendapatkan banyak kuota dalam pelaksanaan agenda tahunan itu.

"Makanya itu harus dipastikan seperti apa," ujar Reni Astuti.

Baca juga: DPRD Surabaya dukung program pemkot "Satu Gamis Satu Sarjana"

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya apresiasi upaya pemkot perkuat toleransi

Baca juga: Reni Astuti: Adipura Kencana modal tingkatkan pengelolaan sampah


 

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024