Secara umum untuk pelayanan puskesmas, khususnya yang berada di wilayah pembangunan II, III dan IV akan dibuka pukul 08.00 WIT hingga pukul 21.00 WIT karena petugas kesehatan tinggal di lingkungan puskesmas
Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 20 puskesmas yang berada di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua akan dibuka selama hari libur dan cuti bersama Idul Fitri (Lebaran) 1444 Hijriah, kata pejabat Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat..

Sekretaris Dinkes Kabupaten Jayapura, Edward Sihotang saat dihubungi dari Jayapura, Selasa, mengatakan 20 puskesmas tersebut tersebar di 19 distrik di daerah itu dan semua puskesmas memilik Unit Gawat Darurat (UGD).

"Secara umum untuk pelayanan puskesmas, khususnya yang berada di wilayah pembangunan II, III dan IV akan dibuka pukul 08.00 WIT hingga pukul 21.00 WIT karena petugas kesehatan tinggal di lingkungan puskesmas," katanya.

Menurut dia untuk puskesmas yang berada di Kota Sentani juga itu bisa melayani pasien di atas pukul 21.00 WIT.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan layanan PCC 119 untuk layanan-layanan rujukan jika diperlukan apabila adanya keadaan darurat, baik di rumah ataupun terjadi kecelakaan di jalan raya.

"Sehingga akan dilakukan rujukkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari guna mendapat perawatan medis lebih lanjut," ujarnya.

Dia menambahkan yang membedakan pelayanan di setiap puskesmas selama libur dan cuti bersama Idul Fitri hanya petugas kesehatan dibagi dengan baik agar memberikan ruang bagi pegawai yang beragama Islam bisa merayakan Lebaran.

"Jadi pelayanan UGD puskesmas tetap dibuka selama libur Lebaran sehingga diharapkan setiap puskesmas wajib juga mengatur ketersediaan obat," demikian Edwrd Sihotang.

Baca juga: Dinkes: Kasus Malaria di Kabupaten Jayapura akan meningkat pada 2023

Baca juga: Dinkes: 66 desa di Jayapura bebas BAB sembarangan

Baca juga: Kemenkes: Semua Puskesmas di Jayapura belum punya obat sirup Praxion

Baca juga: Idul Fitri di Kabupaten Jayapura diwarnai gempa

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023