Diprediksi kunjungan wisatawan antara 500 ribu hingga 600 ribu pengunjung yang akan masuk di Kota Batu
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Batu menyiapkan pos komando (posko) khusus yang bersiaga selama musim libur perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah untuk menyambut para wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai di Kota Batu, Selasa, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Batu melalui 12 organisasi perangkat daerah (OPD) akan membuka posko khusus pada 19-25 April 2023.

"Karena Kota Batu kota wisata dan pasti akan ada kunjungan wisata selama libur Lebaran ini, maka akan dilakukan pemantauan langsung," kata Aries.

Aries menjelaskan Kota Batu diperkirakan dikunjungi 500 ribu hingga 600 ribu wisatawan pada masa libur Lebaran 2023. Dengan jumlah kunjungan wisatawan yang cukup tinggi tersebut, Pemerintah Kota Batu berupaya memberikan rasa nyaman dan keamanan.

Menurutnya, dengan dibukanya posko khusus di Rumah Dinas Wali Kota Batu tersebut bertujuan untuk melakukan pemantauan secara langsung aktivitas wisata selama libur perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah tersebut.

Baca juga: Pemkot Batu canangkan P2L untuk wujudkan kemandirian pangan

"Diprediksi kunjungan wisatawan antara 500 ribu hingga 600 ribu pengunjung yang akan masuk di Kota Batu, maka perlu kita persiapkan dengan baik untuk menyambut para wisatawan," katanya.

Posko khusus tersebut, lanjutnya, akan diketuai oleh salah satu Kepala OPD secara bergantian. Sebanyak 12 OPD akan memberikan pelayanan kepada wisatawan antara lain berupa layanan kesehatan, prasarana jalan, prasarana wisata hingga antisipasi bencana.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Batu ingin menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Batu. Pemantauan aktivitas wisatawan akan dilakukan secara rinci untuk menjamin kelancaran musim libur Lebaran 2023.

"Kami ingin menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan, maka saya minta ada posko khusus dari 12 OPD terkait yang kita bentuk di Rumah Dinas Wali Kota," ujarnya.

Sebagai informasi, Kota Batu merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Timur yang menjadi favorit para wisatawan saat musim libur panjang. Pada 2023, Pemerintah Kota Batu menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mencapai sepuluh juta kunjungan.

Pada arus mudik libur Lebaran 2023, diperkirakan ada 123,8 juta orang yang melakukan mudik ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur dan Malang Raya yang merupakan gabungan antara Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Baca juga: Pemkot Batu jaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Ramadhan

Baca juga: Pj Wali Kota Batu cek harga kebutuhan pokok kendalikan inflasi


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023