Jakarta (ANTARA News) - Setelah menuai sensasi melalui tarian menunggang kuda, lagu dari penyanyi asal Korea Psy dipertimbangkan untuk menjadi entri di kamus.

"Gangnam Style", bersama "fiscal cliff" dan "Romneyshambles" akan mejadi bagian dari daftar kata dari tahun ini Collins Dictionary.

"Kami kala itu mencari kata-kata yang menceritakan tahun ini," kata Ian Brookes, editor konsultan kamus itu.

"Beberapa kata berasal dari peristiwa yang telah terjadi, yang tidak melekat...tapi yang lainnya mungkin bisa diingat," tambahnya.

Dua kata lainnya berasal dari ranah politik Amerika Serikat. "Fiscal cliff", jurang fiskal, menarik banyak perhatian karena menjadi pekerjaan rumah bagi Kongres dan Presiden Obama terhadap pengeluaran pemerintah dan pajak.

Sementara "Romneyshambles" menjadi perhatian warga Inggris Raya setelah kesalahan Mitt Romney mempertanyakan kesiapan Inggris unutk mengadakan Olimpiade saat kunjungannya ke London.

Collins mendapat masukan 7.000 kata melalui database online mereka. Mereka akhirnya memilih 12 kata , satu dari tiap bulan, yang dipilih dari frekuensi mereka dibicarakan, berapa tempat kemunculan kata itu, dan seberapa langgeng kata itu di mata publik.

Meski masuk ke daftar mereka, tidak ada jaminan kata itu akan dimasukkan ke kamus. Tetapi, Brookes berpendapat "Gangnam Style" punya kesempatan yang sangat bagus.

"Sebenarnya gila, jadi ada kemungkinan lewat saja. Tapi, sudah banyak orang yang mendengarnya, saya kira punya hak untuk masuk ke kamus," kata Brookes, seperti yang dikutip dari Reuters.

Kata lainnya, yang juga berada dalam daftar "superstorm", berasal dari Badai Sandy yang Oktober lalu mendatangkan malapetaka di sepanjang pantai timur Amerika.
(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012