... penurunan pangkat dan denda 500 dolar Amerika Serikat... "
Wahington (ANTARA News) - Seorang sersan Angkatan Laut Amerika Serikat, yang berfoto dalam pose mengencingi beberapa mayat gerilyawan Taliban, diputuskan bersalah karena dua dakwaan dalam pengadilan militer.

Hukuman untuk dia penurunan pangkat dan denda 500 dolar Amerika Serikat. Sangat kecil ketimbang efek politis, keamanan, dan sosial yang timbul di Afghanistan.

Sersan Joseph Chamblin dinyatakan bersalah di pengadilan khusus pembelaan diri Camp Lejeune, North Carolina, karena melalaikan tugas mengawasi yuniornya di Angkatan Laut. Dia juga dinyatakan bersalah karena mengencingi almarhum pejuang musuh.

Insiden tersebut terjadi pada saat operasi balasan di Provinsi Helmand, Afghanistan, Juli 2011. Perbuatan Chamblin diketahui publik pada Januari tahun ini ketika rekaman videonya di ungguh di youtube dan beberapa situs lain.

Video itu menunjukkan empat pria dalam baju Angkatan Laut mengencingi tiga mayat. Salah seorang dari mereka mengatakan, "Semoga hari anda menyenangkan," sementara yang lain membuat lelucon cabul.

(G005/H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012