Jakarta (ANTARA) - Executive General Manager Operation Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanakusuma Kolonel Nav Insan Nanjaya mengungkapkan bahwa pihaknya menyediakan fasilitas pendampingan orang hingga kursi roda bagi penyandang disabilitas.

"Kami sudah memfasilitasi untuk masyarakat yang mungkin membutuhkan penanganan khusus baik kursi roda maupun yang perlu pendampingan sudah ada," ujar Insan kepada ANTARA, di Jakarta, Rabu.

Tidak hanya itu, sambungnya, pihak maskapai penerbangan ikut  menyediakan fasilitas itu. Insan mengatakan fasilitas pendampingan orang hingga kursi roda didapatkan saat memesan tiket pesawat.

"Apabila ada penumpang yang membutuhkan ada kebutuhan khusus, kami tetap ada (sediakan)," kata dia.

Selain itu, Bandara Halim Perdanakusuma menyediakan fasilitas kesehatan bagi penumpang yang sakit. Fasilitas ini merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

"Kami ada pos pelayanan kesehatan. Kami kerja sama dengan Dinkes, kalau ada hal-hal yang dibutuhkan penumpang, perawatan kesehatan selama tidak berat itu kami masih bisa atasi," tambah dia.

Baca juga: Penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma pada H-3 capai 13.500 orang
Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma tingkatkan kenyamanan penumpang


Adapun fasilitas ini dapat ditemui di sisi belakang bandara atau berdekatan dengan tempat parkir pesawat. Selain itu, Bandara Halim Perdanakusuma masih menyediakan pembelian tiket pesawat secara langsung di loket resmi bandara.

Berdasarkan pantauan ANTARA, bandara yang berlokasi di Jakarta Timur ini menyediakan check-in mandiri bagi para penumpang, bahkan ada Posko Angkutan Lebaran 2023 yang terdiri atas petugas kesehatan, Aviation Security (AVSEC), pemadam kebakaran, informasi, dan teknisi yang berjumlah lima personel setiap hari.

Sebelumnya, Insan mengatakan Bandara Halim Perdanakusuma terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, termasuk meningkatkan kenyamanan penumpang masa angkutan Lebaran 2023.
 
"Misalnya menambah petugas pada bagian 'security check point'," ujar Insan kepada ANTARA di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (18/4).

Bahkan, maskapai menambahkan check-in counter. "Lalu ada tambahan kursi untuk penumpang di boarding lounge atau ruang tunggu," katanya.
 
Selain itu, kata dia, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan maskapai terkait jadwal penerbangan untuk menghindari keterlambatan jadwal penerbangan.
 
"Terpenting menjaga suhu ruang ideal di boarding lounge," kata Insan.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023