Kami tidak mengenakan tindakan tilang, tapi mengimbau dan menegur pemudik agar mereka tidak melakukan pelanggaran
Jakarta (ANTARA) - Kepala Pos Pengamanan Sumber Arta Kalimalang Iptu Mian Siregar mengimbau pemudik kendaraan roda dua yang melakukan perjalanan pada malam hari untuk mempersiapkan kondisi fisik dan mental.

Ia memperkirakan Rabu malam (19/4)  menjadi puncak arus mudik dari Jakarta ke arah timur menggunakan roda dua, termasuk pemudik yang melewati jalur arteri Sumber Arta, Kalimalang, Bekasi.

"Pemudik roda dua rata-rata melakukan perjalanan pada malam hari, karena merasa nyaman, merasa tidak akan terlalu lelah. Namun demikian, kami mengimbau  untuk selalu menyiapkan kesehatan jasmani dan rohani," kata Mian ketika ditemui di Pos Pengamanan Lebaran 2023 Sumber Arta, Bekasi, Rabu.

Kelengkapan surat-surat kendaraan diminta untuk disiapkan termasuk memastikan kelayakan dari kendaraan yang digunakan.

Ia mengatakan bersiap pemberlakuan jalan satu arah atau one way secara situasional guna mengantisipasi kepadatan dan kemacetan yang berpotensi terjadi di Jalan Kalimalang.

One way akan diberlakukan dengan menutup Simpang Kincan dan mengarahkan sepeda motor yang mengarah ke Jakarta untuk berputar arah di u turn terdekat.

Posko Pengamanan Sumber Arta Kalimalang  menyiapkan 13 anggota untuk mengamankan dan menertibkan di sepanjang koridor Kalimalang dibantu organisasi kepemudaan setempat.

"Kami tidak mengenakan tindakan tilang, tapi mengimbau dan menegur pemudik agar mereka tidak melakukan pelanggaran," imbuhnya.

Berdasarkan pengamatan pada 16.51 WIB, lalu lintas di depan Pos Pengamanan lebaran 2023, Polres Metro Bekasi Kota Pospam Sumber Arta Kalimalang, terpantau masih lancar.

Hingga saat ini rekayasa belum dilakukan karena kondisi lalu lintas di depan Pospam Sumber Arta Kalimalang pada 16.54 WIB masih normal atau tidak terjadi lonjakan yang mengakibatkan kemacetan.

"Tetapi kami terus memantau situasinya," imbuh Mian Siregar.

Pemudik menggunakan sepeda motor dengan tas dan kardus besar mulai banyak melintasi Jalan Kalimalang, begitu juga dengan pemudik yang menggunakan mobil.
Baca juga: Terminal Pulo Gebang pastikan supir bus sehat dan layak mengemudi
Baca juga: Malam ini diprediksi jadi puncak arus mudik kendaran R2 dari Jakarta
Baca juga: Penyelenggara mudik gratis diingatkan untuk jaga keselamatan pemudik


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023