Jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sudah dipadati pemudik sejak pukul 03.00 pagi.
Jakarta (ANTARA) - Puncak arus mudik di sejumlah titik berlangsung mulai Rabu, H-3 Lebaran yang diperkirakan jatuh pada 22 April 2023.

Rabu 19 April merupakan hari pertama cuti bersama, sebagian besar pekerja sudah libur mulai hari ini

Korlantas Polri memperpanjang rekayasa lalu lintas one way atau satu arah mulai dari KM 72 Tol Cipali sampai KM 414 Kalikangkung. Kebijakan satu arah itu diperpanjang dari rencana semula, yang selesai pada pukul 12.00, menjadi pukul 24.00 Kamis dini hari.

Sistem satu arah di jalan tersebut dibarengi dengan contra-flow di KM 40 sampai KM 47 arah Cikampek. Kepolisian mengambil langkah rekayasa lalu lintas lantaran kendaraan yang berada di ruas jalan tol itu mencapai 5.800 kendaraan per jam.

Peningkatan volume lalu lintas juga terjadi di KM 50 Tol Japek siang ini, sebesar 10 persen.

Kepolisian juga bersiap mengantisipasi puncak arus mudik kendaraan roda dua dari Jakarta menuju timur, melalui jalur Kalimalang dan Bekasi. Lonjakan kendaraan roda dua diprediksi berlangsung malam ini.

Polisi berencana menerapkan sistem satu arah dengan menutup Simpang Kincan, sepeda motor menuju Jakarta akan diminta memutar balik.

Di Simpang Ciawi, Bogor, Jawa Barat, kepadatan arus mudik sudah terasa sore ini, tercatat ada 15.727 kendaraan yang keluar di Gerbang Tol Ciawi menuju Jawa Barat.

Jalur Pantura di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, juga dipadati kendaraan siang ini. Kemacetan, walaupun tidak parah, sempat terjadi di sekitar Museum Gedung Juang Tambun Selatan karena volume kendaraan naik.

Jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sudah dipadati pemudik sejak pukul 03.00 pagi. Volume kendaraan yang melintas di jalur mudik itu melonjak menjadi sekitar 14.000 kendaraan per jam.

Untuk mengatasi kepadatan kendaraan di Nagreg, polisi melakukan pengalihan arus untuk kendaraan yang menuju Tasikmalaya. Pemudik diarahkan untuk berbelok ke kanan, ke arah Garut.

Sejumlah ruas Jalan Lintas Timur Sumatera juga mulai macet, terutama di wilayah Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Data Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2023 Kementerian Perhubungan menyebutkan terjadi kepadatan di 111 terminal, 16 pelabuhan penyeberangan, 51 bandara, 110 pelabuhan laut, 13 daerah operasional/divisi regional kereta api, 42 Gerbang Tol, dan 20 ruas jalan arteri.


Situasi di pelabuhan

Malam ini, antrean kendaraan pemudik yang ingin masuk ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali, mencapai 6 kilometer. Puncak arus mudik di Gilimanuk diperkirakan berlangsung mulai malam ini.

Beberapa pemudik bahkan harus mengantre sampai enam jam untuk masuk ke pelabuhan.

Pengelola Pelabuhan Gilimanuk mengerahkan sekitar 32 kapal untuk mengangkut pemudik dan kendaraan.

Sementara itu, di Pelabuhan Merak, Banten, tercatat ada 470.495 pemudik yang menyeberang ke Sumatera mulai H-10 sampai H-4 Selasa (18/4).

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Lampung, mencatat pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, Banten, hingga siang ini menembus angka 51.208 orang.

Di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, aktivitas hari ini terbilang sepi karena puncak arus mudik di sana sudah lewat. Hari ini terdapat 173 pemudik yang berangkat dari Tanjung Priok menuju Belitung.

Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok mencatat total pemudik yang berangkat mulai 7-19 April mencapai 13.499 penumpang.

Di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, sebanyak 509 pemudik datang menumpang kapal perang KRI Banjarmasin dalam program mudik gratis.


Mudik gratis

Bertepatan dengan hari pertama cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah, ribuan warga masyarakat di berbagai daerah mengikuti program mudik bersama, baik yang diadakan pemerintah maupun swasta.

Kementerian Perhubungan siang ini memberangkatkan ribuan peserta mudik gratis dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, menuju ke 28 kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Masih dari Jakarta, operator seluler Telkomsel mengadakan program mudik gratis bagi 1.400 orang melalui skema donasi poin loyalitas pelanggan.

Mudik Bersama BUMN 2023 dengan pemberangkatan Jakarta, diikuti 82 perusahaan BUMN, dengan tujuan, antara lain, Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Barat, dan Jawa Timur.

Pelepasan peserta Mudik Bersama BUMN 2023 dihadiri secara langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Di Bali, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Ikatan Keluarga Banyuwangi Dewata mengadakan mudik gratis bagi 405 warga Banyuwangi dengan delapan bus dari Lapangan Niti Mandala, Renon.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di lokasi masing-masing melepas pemudik menuju kampung halaman mereka.

Di Sumsel, program mudik gratis itu merupakan kerja sama Pemerintah Provinsi dengan Bank Sumsel-Babel, PT Jasa Raharja, Damri, dan sektor swasta. Mudik gratis itu memberangkatkan pemudik ke tujuan, antara lain Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Sumatra Barat.

Program mudik gratis, menurut Kementerian Perhubungan, adalah salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan.


Mudik dengan kereta api

Okupansi kereta api jarak jauh di Daop 1 Jakarta sudah terisi penuh 100 persen untuk keberangkatan 19-21 April. PT Kereta Api Indonesia Daop 1 sudah tiket keberangkatan Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen untuk tanggal 17-23 April.

Untuk mengantisipasi puncak arus mudik hari ini, KAI Daop 1 menambah mesin pencetakan tiket mandiri di Stasiun Senen.

KAI Daop 4 Semarang, Jawa Tengah, mencatat ada 16-17 ribu pemudik yang turun di berbagai stasiun di wilayah tersebut selama arus mudik Lebaran 2023. Mereka menyiapkan 13 kereta api reguler dan enam kereta api tambahan selama musim mudik.

Supaya perjalanan mudi berjalan aman dan lancar, PT KAI menambah fasilitas publik di sejumlah stasiun. Di Stasiun Gambir, PT KAI menambah kursi tunggu dan meletakkan water station supaya pemudik bisa mengisi ulang air mineral secara cuma-cuma.

Sementara itu, Daop 6 Yogyakarta mendirikan posko terpadu di Stasiun Solobalapan untuk memastikan operasional kereta api dan pelayanan penumpang berjalan lancar.


Bandara

Hari Rabu merupakan puncak arus mudik di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, dengan jumlah penumpang sore ini mencapai 14.700 orang.

PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau menambah titik check-in atau lapor diri penumpang supaya tidak terjadi penumpukan.

Pengelola Bandar Udara Samarinda bahkan mengimbau penumpang untuk melakukan web check-in untuk mengurangi antrean penumpang.

Puncak arus mudik di Bandara Internasional Yogyakarta juga terjadi hari ini, tercatat ada 16.320 penumpang dan 120 pergerakan pesawat.

Sementara, di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, terdapat 13.500 penumpang pada H-3 Lebaran. Pengelola memprediksi lonjakan penumpang masih akan terus berlangsung hingga H-1 masa angkutan Lebaran.

Untuk memastikan kelancaran mudik dengan pesawat terbang, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengecek kondisi pesawat terbang sampai jalur bagasi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.













 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2023