Jakarta (ANTARA) - Edutech Rumah Siap Kerja, melalui salah satu business project-nya dalam pelatihan startup SiapUsaha, menggelar inisiatif #LakuinBareng untuk mendukung para solopreneur di Indonesia.

Inisiatif itu diharapkan bisa mengajak masyarakat luas untuk mendukung para solopreneur menemukan jalan kesuksesannya sebagai pengusaha.

CEO Rumah Siap Kerja Roestiandi Tsamanov mengatakan, pihaknya memilih produk air mineral dalam kemasan untuk dijadikan sebagai business project karena potensi pasarnya yang terus berkembang dengan nilai pasar mencapai 2,5 miliar dolar.

"Nantinya, produk Aerputh ini hanya bisa dibeli langsung dari para solopreneur di sekitarmu. Hasil keuntungan dari penjualan produk air mineral ini sepenuhnya dimiliki para solopreneur yang sedang merintis bisnis lewat Aerputh," katanya dalam siaran pers, Kamis.

Baca juga: Kenali potensi anak dengan tes minat bakat

Inisiatif #LakuinBareng yang dilakukan sepanjang April 2023 pun diharapkan memberikan ruang kepada para solopreneur untuk mempercepat proses pembelajaran bisnisnya. Jadi, inisiatif ini akan membantu solopreneurs untuk langsung merasakan bagaimana menjual dan membuka bisnis hingga bertemu dengan para konsumen secara langsung.

Dalam inisiatif itu, Aerputh memperkenalkan produk air mineralnya dengan cara membagikan secara cuma-cuma di beberapa titik di wilayah Jabodetabek. Dari aksi inisiatif #LakuinBareng selama sepekan, produk Aerputh mendapatkan eksposur langsung dari sekitar 9.000 konsumen.

Sementara itu, program SiapUsaha dari Rumah Siap Kerja ini diharapkan menjadi solusi untuk masyarakat dalam mengembangkan bisnisnya.

Program SiapUsaha Aerputh yang diluncurkan sejak April 2023 sudah memiliki komunitas solopreneurs sebanyak lebih dari 150 anggota. Para solopreneurs itu tersebar di daerah Jabodetabek, dengan jumlah terbesar dari Jakarta Timur sebanyak 23,6 persen dan Bogor 20,8 persen.

Founder Rumah Siap Kerja, Sandiaga Uno mengungkapkan keberadaan program SiapUsaha dari Rumah Siap Kerja juga diharapkan bisa membuka peluang usaha hingga lapangan kerja baru di Indonesia.

"Apalagi, program SiapUsaha juga menyediakan komunitas solopreneurs untuk saling mendukung dan memberdayakan," kata Sandiaga.

Rumah Siap Kerja mengajak siapa pun yang punya keinginan untuk menjadi solopreneur bergabung dalam program SiapUsaha tersebut. Para Solopreneurs yang ingin bergabung cukup mendaftarkan dirinya di situs Rumah Siap Kerja.

Setelah mendaftar, para solopreneurs akan mendapatkan perkenalan secara gratis. Kemudian, mereka sudah bisa menjual produk dari business project SiapUsaha, yakni Aerputh.

Baca juga: Eduqat dan Stripe dukung edukator Indonesia "go global"

Baca juga: QSP dukung transformasi pendidikan, digunakan lebih dari 177.000 guru

Baca juga: Gerakan UI Mengajar gandeng CoLearn kenalkan potensi EduTech

Pewarta: Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023