hari ini tercatat sampai 1.415 penumpang
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 22.508 penumpang telah diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang Jakarta ke sejumlah wilayah Indonesia terhitung sejak H-7 atau 14 April hingga H-3 Lebaran Kamis 20 April pukul 14.00 WIB.

Koordinator Satuan Pelaksana Operasional Terminal Pulo Gebang Hendra Kurniawan saat ditemui di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Kamis, mengatakan per hari ini hingga pukul 14.00 WIB sebanyak 1.415 penumpang telah diberangkatkan dengan menggunakan 109 bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Dia menyebutkan bahwa prediksi puncak arus mudik di Terminal Pulo Gebang terjadi selama tiga hari sejak 18 April hingga 20 April 2023.

"Puncak arus mudik diprediksi pada 18, 19, 20 April," kata Hendra.

Baca juga: Keberangkatan bus di Terminal Pulo Gebang terlambat hingga 12 jam
Baca juga: Pemudik dari Terminal Kampung Rambutan mulai landai pada H-2 Lebaran

Berdasarkan informasi dari agen-agen bus menyebut penjualan tiket secara daring sudah ludes terjual untuk tanggal 18 hingga 21 April.

Sejauh ini, pemberangkatan penumpang terbanyak dari Terminal Pulo Gebang terjadi pada 18 April yakni 8.064 orang. Namun Hendra menyebutkan jumlah tersebut melonjak lantaran ada program mudik gratis yang diberangkatkan melalui Terminal Pulo Gebang.

Sedangkan untuk penumpang reguler selama dua hari ini diperkirakan mencapai 3 ribu orang per harinya.

Hendra juga menyebutkan adanya peningkatan jumlah penumpang pada musim mudik Lebaran tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah pemudik itu bisa mencapai 50 persen.

"Pada tahun sebelumnya di H-3 biasanya keberangkatan mencapai 1.000 penumpang hingga jam 14.00, hari ini tercatat sampai 1.415 penumpang," kata Hendra.
​​​​​​
Baca juga: Terminal Kalideres siapkan angkutan cadangan antisipasi keterlambatan
Baca juga: 74 bus tercatat berangkat dari Terminal Mengwi dalam setengah hari

Keberangkatan bus dari Terminal Pulo Gebang bertujuan ke beberapa daerah di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, dengan rute paling banyak diminati untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pengelola Terminal Pulo Gebang juga menyediakan berbagai fasilitas bagi calon penumpang yang menunggu keberangkatan bus seperti panggung hiburan, area bermain anak, kamar penginapan untuk istirahat, pos kesehatan dan lainnya.

Baca juga: Puncak arus mudik di Terminal Cicaheum Bandung diprediksi Kamis

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023