Purwokerto (ANTARA) - Khatib Prof. Dr. Makhful, M.Ag. mengajak seluruh umat Islam khususnya yang berada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan sekitarnya untuk senantiasa menjaga ketaqwaan dengan menjalankan ibadah-ibadah yang telah dikerjakan selama bulan Ramadhan.

"Ibadah-ibadah tersebut seperti berpuasa sunah, qiyamullail, tadarus Al Quran, bersedekah, dan mendirikan shalat berjamaah di masjid. Allah SWT menyuruh umat Islam senantiasa bertaqwa sebagaimana firman-Nya dalam Surah Al-Hasyr Ayat 18," katanya saat menyampaikan khutbah shalat Idul Fitri yang digelar di Lapangan Mas Mansoer, Kampus I UMP, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Dalam khutbah berjudul "Istikamah dalam Beribadah Pasca-Bulan Ramadhan" yang disampaikan usai shalat Idul Fitri dengan Imam Yogi Ikhlas Saputra (mahasiswa Fakultas Agama Islam UMP, red.) itu, Khatib juga mengajak umat Islam untuk bersyukur kepada Allah SWT karena dapat dipertemukan kembali dengan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriyah.

"Alhamdulillah, berkat nikmat iman, Islam, dan ihsan, pada hari ini, Jumat 1 Syawal 1444 Hijriyah atau 21 April 2023 Masehi, kita dapat berkumpul dalam majelis shalat dan khutbah Idul Fitri yang Insyaa Allah dirahmati Allah SWT," kata Dekan Fakultas Agama Islam UMP itu.

Menurut dia, umat Islam telah berpuasa selama satu bulan penuh pada Ramadhan 1444 H namun sebenarnya tidak hanya puasa karena ada amaliyah lainnya seperti tadarus Al Quran, bersedekah menu berbuka maupun sahur, dan iktikaf menyambul lailatul qadar.

Setelah menjalankan semua itu, kata dia, kaum Muslimin dan Muslimat pada hari ini telah tiba di hari kemenangan.

"Pada hari ini, kita memasuki hari kemenangan sebab telah berhasil menahan lapar dahaga, hawa nafsu, hingga segala larangan Allah SWT selama Ramadhan," tegasnya.

Menurut dia, salah satu dari balasan orang yang berpuasa Ramadhan adalah akan mendapatkan ampunan dosa-dosa yang telah lalu.

Oleh karena itu, kata dia, umat Islam tidak boleh lalai terhadap perintah Allah SWT meskipun bulan Ramadhan telah berlalu.

Lebih lanjut, Khatib mengatakan diperlukan tekad, keyakinan, dan iman yang kuat guna menghadapi tantangan, baik karena pekerjaan maupun hawa nafsu.

"Allah SWT memberikan motivasi kepada umat yang bersungguh-sungguh dalam beribadah sebagaimana disebutkan dalam Surat Al-Ankabut Ayat 69," jelasnya.

Menurut dia, salah satu perkara yang dapat dilakukan supaya istikamah dalam beribadah adalah dengan muraqabah, yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT. ***3***

Baca juga: Din Syamsuddin ajak masyarakat untuk kembali kepada fitrah
Baca juga: Sebagian umat Islam di Kota Malang laksanakan shalat Id

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023