Persoalan beda 1 Syawal itu hanya beda cara pandang saja. Jadi kami juga sepakat kemarin bahwa perbedaan itu menjadi rahmat buat kita, seperti perbedaan warna pada sebuah lukisan, saling melengkapi. Tidak membuat perbedaan menjadi persoalan
Batam, Kepri (ANTARA) - Ribuan jamaah Muhammadiyah di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah / 2023 Masehi di lapangan parkir aula olahraga Stadion Temenggung Abdul Jamal Kota Batam, Jumat (21/4).

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batam Shabirun Husnum di Batam, Jumat mengatakan perbedaan penetapan 1 Syawal pada tahun ini tidak menjadi persoalan dalam menyambut Idul Fitri.

Menurutnya, dengan adanya perbedaan tersebut menjadi rahmat dan keberkahan bagi semua umat Muslim yang telah menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

"Persoalan beda 1 Syawal itu hanya beda cara pandang saja. Jadi kami juga sepakat kemarin bahwa perbedaan itu menjadi rahmat buat kita, seperti perbedaan warna pada sebuah lukisan, saling melengkapi. Tidak membuat perbedaan menjadi persoalan," kata Shabirun.

Lebih lanjut ia menyampaikan dengan kondisi masyarakat Batam yang heterogen, perbedaan hari dalam penetapan 1 Syawal tidak menjadi persoalan.

"Alhamdulillah di Batam masyarakatnya itu memang plural, maka di Batam tidak ada masalah. Kita sepakat dengan segala perbedaan itu untuk saling melengkapi, untuk membangun Batam jadi Kota Bandar Dunia Madani," katanya.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lapangan, saat pelaksanaan shalat Id berlangsung, rintik hujan sempat turun membasahi kawasan Stadion Temenggung Abdul Jamal sekitar 10 menit.

Sejak pukul 06.30 WIB aula olahraga Temenggung Abdul Jamal Kota Batam telah dipadati jamaah Muhammadiyah yang akan mengikuti shalat id, bahkan arus lalu lintas kendaraan di lokasi tersebut sempat terjadi kemacetan.

Baca juga: Muhammadiyah Batam gelar Shalat Idul Fitri di Stadion Temenggung Jumat

Baca juga: Jamaah Muhammadiyah shalat Id di Lapangan Temenggung Abdul Jamal Batam

Baca juga: Pemkot Batam pusatkan shalat id di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Baca juga: Warga Muhammadiyah Batam mulai tarawih Senin malam


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023