Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melampaui target sebesar 95 persen dari total sasaran Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio yang dilaksanakan secara serentak di daerah itu pada 1-15 April 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Alamsyah di Cikarang, Jumat, mengatakan dari total sasaran imunisasi polio sebanyak 372.766 balita di daerah itu, imunisasi ini berhasil diberikan kepada 359.981 balita atau 96,6 persen, melampaui target yang ditetapkan sebesar 95 persen.

Baca juga: Pekan imunisasi nasional polio di Karawang capai 94,4 persen

"Kami menetapkan sasaran atau target sebesar 95 persen, tetapi berkat kerja keras seluruh pihak kami berhasil melampaui target itu," katanya.

Dia menjelaskan kesuksesan pelaksanaan Sub PIN Polio ini tidak terlepas dari peran serta aktif 46 puskesmas se-Kabupaten Bekasi selaku pusat layanan kesehatan utama penggerak program tersebut.

"Tugasnya adalah mengoptimalkan program Sub PIN Polio, mulai dari menyediakan imunisasi hingga pelayanan kepada masyarakat. Berkat kinerja yang baik dan inovasi dari masing-masing puskesmas, akhirnya kita dapat menyentuh angka capaian tersebut," katanya.

Baca juga: Wali Kota Bandung pastikan sasaran imunisasi polio tercapai

Kontribusi itu, menurut dia, terlihat berdasarkan capaian masing-masing puskesmas selama program berlangsung yakni menyentuh rata-rata persentase sebesar 98 persen.

"Ada 11 puskesmas yang mencapai 100 persen bahkan lebih, sisanya di atas 96 persen. Namun ada enam puskesmas yang capaian rendah, ini akan menjadi fokus kita ke depan agar sasaran imunisasi polio kita dapat menyentuh angka yang jauh lebih maksimal lagi," katanya.

Alamsyah memastikan program Sub PIN Polio ini akan berlangsung selama dua tahap.

Baca juga: Kabupaten Bandung targetkan imunisasi polio 324 ribu balita

"Sub PIN Polio ini memang dua putaran. Semoga ke depan sisa sasaran yang ada sebanyak 12.785 balita yang belum diimunisasi dapat kita kejar di putaran kedua," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023