yang penting jaga ketertiban
Bandung (ANTARA) -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan kondusivitas di Jawa Barat (Jabar) dalam kondisi aman dan lancar meskipun masyarakat dalam dua hari ini ada yang merayakan Hari Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
Menurutnya hari Lebaran yang dirayakan masyarakat pada hari Jumat (21/4) maupun hari Sabtu ini berlangsung tanpa ada permasalahan yang berarti. Seperti diketahui sebagian masyarakat ada yang  merayakan Lebaran pada Jumat (21/4), sebagaimana yang ditetapkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
 
"Terjadi dua Lebaran saya kira tidak ada masalah, kemarin saya pantau juga lancar yang di hari Jumat (21/4) dan sekarang mayoritas di hari Sabtu juga lancar," kata Ridwan Kamil usai shalat Id di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.
 
Di samping itu, dia juga menyampaikan arus mudik pada H-1 Lebaran hingga Sabtu ini dalam kondisi yang lancar. Untuk itu, ia pun berterima kasih kepada petugas di lapangan yang tetap bekerja pada hari raya guna memastikan lalu lintas lancar.
 
"Mudah mudahan tugasnya menjadi sebuah kebaikan yang menjadi doa," katanya.

Baca juga: Gubernur Gorontalo shalat Id bersama ribuan warga di Lapangan Taruna
 
Meski begitu, dia menyampaikan pihaknya bersama kepolisian pun kini mulai mengantisipasi pergerakan masyarakat ke sejumlah daerah wisata dan juga terkait arus balik.

Gubernur memprediksi arus lalu lintas ke lokasi wisata itu mulai terjadi pada siang ini.
 
"Yang penting jaga ketertiban kalau ada apa-apa bisa hubungi kepolisian, dan yang terpenting kita melakukan libur ini dalam suasana COVID-19 memang sudah surut," kata Ridwan Kamil.
 
Sementara itu, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus menilai sejauh ini tidak ada gangguan kelancaran arus mudik sejak H-7 Lebaran. Dia pun memprediksi puncak arus balik bakal terjadi pada 25-26 April 2023.
 
"Kita sudah mendirikan 328 pos, terdiri pos terpadu, pos pengamanan, pos pelayanan, dan ada 27 ribu personel yang tersebar. Tentunya jangan sungkan beristirahat di posko, tidak perlu takut," kata Akhmad Wiyagus.

Baca juga: KAJ ucapkan selamat Idul Fitri 1444 H untuk umat Muslim di Indonesia

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023