Ramadhan juga mengajarkan kita untuk saling berbagi
Palu (ANTARA) -
Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah Hadianto Rasyid mengatakan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah adalah momentum saling memaafkan atas kesalahan dan kekhilafan yang sudah berlalu guna mempererat silaturahmi.
 
"Di hari yang Fitri ini kita lupakan masa lalu yang pernah berselisih paham, hari ini mari eratkan tali persaudaraan," kata Hadianto saat memberikan sambutan Idul Fitri di lapangan Vatulemo Palu, Sabtu.
 
Menurut dia, momen ini juga dapat dijadikan sebagai evaluasi perilaku untuk memperbaiki diri agar semakin dewasa dan bijak bersikap maupun berturut untuk meraih kebaikan sebagai insan senantiasa meneladani perintah Allah Tuhan yang Maha Esa.
 
Sebagai warga yang majemuk, ia juga mengajak umat Islam menghargai perbedaan dan mengedepankan toleransi antarumat beragama.
 
"Sebagai makhluk ciptaan Tuhan tentunya kita memiliki kekhilafan, maka dari itu kita haru memperbaiki dan menata diri untuk menuju kehidupan lebih baik. Sudah sepatutnya kita saling memaafkan. Memberi maaf, jauh lebih indah ketimbang kita bermusuhan," tuturnya.
 
Sebagai umat yang taat beragama, ia mengajak umat Muslim di ibu kota Sulteng saling menjaga hubungan baik antar umat beragama, menjaga ketentraman dan kedamaian guna menjaga kerukunan.
 
Termasuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai bernegara untuk kemaslahatan bangsa sehingga negara tidak mudah dipecah belah.
 
"Hidup rukun berdampingan dengan etnis, agama, ras dan suku yang berbeda-beda sesuatu yang indah. Perbedaan jangan dijadikan masalah, justru kita harus merawatnya," ujarnya.
 
Islam sebagai rahmatan lil alamin pentingnya melihat orang lain seperti diri sendiri, terlepas dari perbedaan agama, suku, ras dan etnis.
 
"Setelah sebulan kita berpuasa, kini waktunya kita meraih kemenangan, menang dari hawa nafsu, kedengkian. Bulan Ramadhan juga mengajarkan kita untuk saling berbagi satu sama lain sehingga kita bisa merayakan Idul Fitri dengan penuh gembira," kata Hadianto.

Pada Idul Fitri kali ini, Pemkot Palu juga memusatkan Shalat Id berjamaah di lapangan terbuka diikuti ribuan umat Islam di daerah tersebut.

Baca juga: Anies Baswedan: Idul Fitri momen kumpul bersama dan saling memaafkan

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023