Jakarta (ANTARA News) - Petenis asal Rusia, Vera Zvonareva, akan absen dari turnamen Australia Terbuka 2013 yang merupakan turnamen pembuka Grand Slam di awal tahun akibat cedera di bahu kanannya.

Sebelumnya, petenis berusia 28 tahun itu juga terpaksa absen pada dua turnamen Grand Slam sepanjang tahun 2012 antara lain di Prancis Terbuka karena cedera yang sama dan US Terbuka akibat penyakit yang disebabkan oleh virus.

"Saya tidak dapat berpartisipasi di Australia Terbuka tahun ini " ujar dua kali finalis Grand Slam itu sebagaimana ditulis di akun Facebooknya yang dilansir dari BBC, Selasa.

"Tubuh saya belum 100 persen sembuh dan saya akan kembali berlaga saat saya sudah siap pada sisa tahun mendatang," tambahnya.

Zvonareva pernah menggapai peringkat dua dunia setelah akhirnya harus  meluncur ke peringkat 49 pada masa- masa beratnya dimana dia hanya mampu mencapai putaran ketiga pada Prancis Terbuka dan Wimbledon.

Ia belum meraih gelar juara Grand Slam untuk nomor tunggal, kalah di US Terbuka 2010dari Kim Clijsters di babak final dan ditumbangkan oleh Serena Williams pada babak final Wimbledon 2010.

Meskipun begitu, ia sempat memenangi Australia Terbuka untuk nomor ganda bersama pasangannya Svetlana Kuznetsova Januari lalu, menundukkan pasangan asal Italia, Sara Errani dan Roberta Vinci, di babak final.

Turnamen Australia Terbuka akan berlangsung di Melbourne mulai 14 Januari mendatang.

(M047)

Penerjemah: Monalisa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012