Personel itu mulai dikerahkan ke enam objek wisata tersebut pada 22 sampai 27 April 2023
Lubukbasung,- (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengerahkan 22 personel satuan tugas untuk mengamankan enam objek wisata di daerah itu dalam memberikan kenyamanan bagi pengunjung selama libur Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
"Personel itu mulai dikerahkan ke enam objek wisata tersebut pada 22 sampai 27 April 2023," kata Kepala Pelaksana BPBD Agam, Bambang Warsito di Lubukbasung, Minggu.
 
Ia mengatakan ke-22 personel itu dikerahkan ke objek wisata Pantai Tiku sebanyak lima orang per hari, Tamah Muko-muko empat orang per hari, dan Linggai Park empat orang per hari.
 
Selain itu, Lawang Park tiga orang per hari, Banto Royo tiga orang per hari, dan Luak Gadang tiga orang per hari.
 
"Kita juga mengerahkan satu perahu di kawasan Linggai Park dan kita fokus untuk mengamankan objek wisata selama libur Lebaran," katanya.
 
Ia menambahkan, personel itu dikerahkan untuk membantu warga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
 
Namun ia mengimbau pengunjung untuk tetap meningkatkan kewaspadaan saat berada di objek wisata dengan tidak berenang, menjaga anak dan lainnya.
 
"Saat ini objek wisata sudah mulai ramai dikunjungi warga untuk mengisi libur Lebaran," katanya.
 
BPBD Agam, tambahnya, juga melakukan pengamanan di daerah rawan bencana tanah longsor dan pohon tumbang.
 
Daerah tersebut berada di Kelok 44 tepatnya Kelok 32 dengan personel tiga orang per hari, Pos BPBD di Kecamatan Ampekkoto lima orang per hari, Palupuh tiga orang per hari dan Mako BPBD Agam 10 orang.
 
"Personel yang kita turunkan ini untuk membersihkan material tanah longsor dan pohon tumbang melanda daerah itu, karena mereka dilengkapi dengan mesin pemotongan kayu dan alat lainnya," katanya.
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023