Karachi (ANTARA) - Noor Jehan, seekor gajah penghuni Kebun Binatang Karachi, Pakistan, akhir mati pada Sabtu meski sudah diupayakan penyelamatan secara maksimal, menurut petugas.

Kondisi Noor Jehan yang selama ini sakit telah mengundang kecaman luas terhadap perlakuan pihak kebun binatang dalam menangani binatang tersebut.

Gajah berusia 17 tahun tersebut berada dalam kondisi kritis setelah terjatuh ke dalam kolam dan tidak bisa bangkit tanpa bantuan.

"Setelah berjuang selama sembilan hari, gajah itu akhirnya tidak bisa bertahan setelah menjalani kondisi kritis. Ia terlalu lama berbaring di tanah, situasi yang membahayakan bagi gajah," kata Four Paws, organisasi kesejahteraan hewan internasional.

Four Paws selama ini memberikan perhatian besar dengan memberikan bimbingan kepada dokter hewan lokal dan internasional dalam perawatan Noor Jehan.

Amir Khalil, dokter hewan dari Four Paws mengatakan bahwa kematian Noor Jehan sungguh sangat menyedihkan karena gajah tersebut masih berusia 17 tahun dan masih mempunyai kesempatan untuk berusia lebih panjang.

Noor Jehan adalah gajah Afrika dengan rata-rata usia 60 sampai 70 tahun.

Dalam dua tahun terakhir di Pakistan, dua singa mati akibat sesak nafas gara-gara pawang yang mencoba mengeluarkan mereka dengan menggunakan asap dari kandangnya, dan sejumlah harimau putih juga mati.

Baca juga: Cher pergi ke Pakistan untuk selamatkan gajah

Direktur Kebun Binatang Karachi beberapa waktu lalu dipecat setelah mendapat kecaman akibat kelalaiannya.

Pada 2020, pengadilan memerintahkan untuk menutup Kebun Binatang Islamabad, di mana seekor gajah bernama Kaavan juga mati.

Kondisi kebun binatang yang buruk di Pakistan bahkan menarik menarik perhatian Cher, pesohor asal Amerika Serikat.

Cher bahkan selama bertahun-tahun ikut berjuang untuk membebaskan Kaavan dan langsung terbang ke Pakistan untuk menyaksikan proses pemindahan gajah tersebut ke tempat penampungan di Kamboja.

Khalil menegaskan bahwa Kebun Binatang Karachi tidak memenuhi standar internasional dan meminta agar Madhubala, gajah tersisa yang masih sehat, dipindahkan ke lokasi yang lebih baik untuk memberikan kesempatan hidup lebih panjang.

Kematian Noor Jehan membuat Madhubala selalu dirundung kesedihan akibat kehilangan pasangannya dalam waktu lama.

Kecaman luas segera dialamatkan kepada pemerintah lokal akibat kematian Noor Jehan dan foto-foto Noor Jehan yang berbaring tidak berdaya di samping Mabhubala pun banyak beredar.

Kondisi tersebut juga membuat media lokal segera memberikan tuntutan banyak pihak agar Kebun Binatang Karachi ditutup selamanya.

Four Paws menyatakan bahwa mereka menyambut baik tuntutan penutupan kebun binatang tersebut, karena bisa menjadi titik balik bagi kesejahteraan hewan yang berada di penangkaran di Pakistan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Gajah kesepian dari Pakistan memulai hidup baru di Kamboja

Baca juga: Gajah dihormati sebagai bagian warisan bangsa Thailand

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023