Belum banyak yang datang, karena masih banyak yang (mengambil) cuti bersama
Jakarta (ANTARA) - Pada H+1 Lebaran Terminal Terpadu Pulo Gebang terpantau masih sepi pelaku balik ke hilir atau pemilir yang datang dari kampung halaman mereka.
 
"Belum banyak yang datang, karena masih banyak yang (mengambil) cuti bersama," kata Komandan Regu (Danru) Terminal Terpadu Pulo Gebang Mahbud kepada ANTARA di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Senin.
 
Mahbud mengatakan jumlah pemilir yang datang di Terminal Terpadu Pulo Gebang pada hari Senin dari pukul 00.00 WIB hingga 10.00 WIB tercatat hanya sejumlah 526 orang yang datang dari 111 bus.
 
Mahbud menjelaskan pada hari yang sama justru tercatat lebih banyak pemudik daripada pemilir yang beraktivitas di Terminal Terpadu Pulo Gebang.
 
"Hari ini yang berangkat dari pukul 00.00 WIB sampai 10.40 WIB ada 40 bus dengan 549 pemudik, umumnya tujuan Sumatera," ujarnya.

Baca juga: H-1 Lebaran Terminal Pulo Gebang terpantau sepi
 
Mahbud menambahkan pada H+1 Lebaran atau Minggu (23/4) tercatat 147 bus diberangkatkan dengan total penumpang 1.497 penumpang.
 
Pihaknya telah memprediksikan jumlah pemilir akan meningkat pada Selasa (25/4) atau H+2 Lebaran, senada dengan perkiraan pemerintah.
 
Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 akan berlangsung pada tanggal 24-25 April serta 29-30 April dan 1 Mei 2023.
 
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi merekomendasikan agar pemudik menghindari perjalanan saat puncak arus balik guna menghindari potensi penumpukan kendaraan.

Baca juga: Hindari Kepadatan, Menhub imbau pemudik balik di 26 hingga 29 April
Baca juga: Menhub koordinasikan penanganan arus mudik dan balik di titik krusial

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023