Bandung (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 menyebut H+1 Lebaran 2023, Senin, menjadi puncak arus balik warga yang menggunakan kereta api menuju ke wilayah Bandung.
 
Manager Humas Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono mengatakan pada Senin ini diprediksi ada sekitar 17.718 orang yang datang ke Bandung menggunakan perjalanan kereta api ke sejumlah stasiun.

"Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong menjadi dua stasiun dengan kedatangan pelanggan terbanyak mencapai 8.732 dan 4.050 pelanggan KA (kereta api) jarak jauh yang datang," kata Mahendro dalam keterangannya di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Pada momen arus balik ini, menurutnya sebanyak 89.367 pelanggan KA jarak jauh akan tiba di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong pada periode 24 April-2 Mei 2023.

Untuk itu, menurutnya Daop 2 Bandung terus menyiagakan petugas posko untuk pelayanan dan pengamanan baik dari internal maupun eksternal. Pelanggan juga menurutnya diimbau untuk menjaga protokol kesehatan selama menunggu di stasiun dan selama di perjalanan.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada para pelanggan untuk dapat mengatur waktu dengan tidak datang terlalu awal ke stasiun keberangkatan.

"Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan pelanggan di stasiun-stasiun keberangkatan," kata dia.

Pada masa arus mudik periode 14-23 April 2023, dia mencatat pihaknya telah melayani 136.799 pelanggan KA jarak jauh. Angka itu, kata dia, meningkat 37 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya sebanyak 99.555 pelanggan.

"Adapun kota tujuan favorit pelanggan KA jarak jauh pada masa Angkutan Lebaran 2023 yakni Surabaya, Malang, Solo, Semarang, serta Kutoarjo," katanya.

 
​​​​​

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023