Sumenep (ANTARA) - Sebanyak 80 warga di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengikuti program balik Lebaran 2023 gratis yang diadakan polres setempat, dari Terminal Arya Wiraraja Sumenep menuju Surabaya dan Jakarta, Senin.

Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko mengatakan, program balik gratis ini sebagai bentuk kepedulian Polres Sumenep dalam upaya meringankan beban biaya hidup warga yang hendak kembali ke perantauan setelah pulang ke kampung halamannya di Sumenep.

Baca juga: Polres Malang gelar program balik mudik Idul Fitri

"Program ini sekaligus sebagai wujud komitmen Polres Sumenep dalam upaya membantu masyarakat yang hendak melakukan balik Lebaran 2023," katanya.

Selain itu, kata kapolres, melalui bantuan balik Lebaran 2023 gratis ini, pihaknya juga ingin mendukung menyukseskan program pemerintah untuk mengurangi kemacetan di jalan raya.

"Sebab melalui program balik Lebaran gratis dengan menggunakan angkutan umum ini, maka jumlah kepadatan kendaraan di jalan raya bisa berkurang," katanya.

Baca juga: Polres Jombang fasilitasi balik gratis ke Surabaya

Menurut dia, jika 80 orang ini menggunakan kendaraan pribadi, maka akan ada sedikitnya 80-an kendaraan di jalan raya. Namun, dengan menggunakan angkutan umum, maka hanya ada 2 bus.

Dari dua bus yang berangkat itu, kata dia, satu bus untuk jurusan Sumenep-Surabaya dan satu bus jurusan Sumenep-Jakarta.

"Untuk jurusan Sumenep-Surabaya menggunakan bus Akas, sedangkan jurusan Sumenep-Jakarta menggunakan bus PO Hariyanto dengan kapasitas 40 penumpang masing-masing bus," katanya menjelaskan.

Baca juga: Polda Jatim siapkan 127 bus gratis untuk balik mudik

Kapolres berharap dengan adanya layanan ini dapat membantu para pemudik untuk kembali ke Surabaya maupun Jakarta dengan aman dan berkesan.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023