Kami antisipasi itu sampai H+7, karena biasanya setelah Lebaran, masyarakat melakukan kegiatan wisata dan tentu wisata yang utama itu Pantai Parangtritis
Bantul, DIY (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengantisipasi lonjakan pergerakan arus wisatawan ke kawasan Pantai Parangtritis setelah Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami antisipasi itu sampai H+7, karena biasanya setelah Lebaran, masyarakat melakukan kegiatan wisata dan tentu wisata yang utama itu Pantai Parangtritis," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul Singgih Riyadi di Bantul, DIY, Selasa.

Oleh karena itu, kata dia, di sepanjang Jalan Parangtritis terjadi lonjakan arus kendaraan wisatawan. Dalam mengantisipasinya, pihaknya secara situasional mengendalikan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) di sejumlah titik ruas jalur wisata itu.

"Antisipasi lalu lintas kami secara situasional mengendalikan titik-titik APILL yang ada di sepanjang Jalan Parangtritis, mana kala terjadi kemacetan akan kami tarik secara manual," katanya.

Dia juga mengatakan bersama personel dari kepolisian resor (polres) setempat juga menempatkan petugas di sepanjang Jalan Parangtritis mulai dari simpang Druwo, simpang Tembi, perempatan Bakulan sampai ke TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) Parangtritis.

"Kalau terjadi penumpukan akan kami tarik manual, sehingga tidak terjadi penumpukan arus lalu lintas. Tidak kami tutup, tapi kami lakukan rekayasa secara situasional," katanya.

Dia juga mengatakan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus wisatawan secara situasional juga dilakukan mulai sempalan Pundong ke timur melewati Jembatan Soka, kemudian wilayah Gunung Puyuh, dan masuk Jalan Parangtritis, atau di simpang tiga selatan Jembatan Kretek I.

"Mmemang jalur utama menuju Pantai Parangtritis itu padat, sehingga kita alihkan ke jalur-jalur atau cabang-cabang jalan yang memungkinkan," katanya.

Baca juga: Destinasi wisata Bantul dikunjungi 40.489 orang pada tiga hari Lebaran
Baca juga: Dishub siapkan rekayasa lalu lintas menuju wisata Pantai Parangtritis
Baca juga: Pantai Parangtritis dikunjungi 145 ribu orang selama libur Lebaran

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023