Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan akan menanggung semua biaya pengobatan untuk para korban yang terimbas dari kebakaran Trans Studio Mal (TSM) Makassar.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Selasa, mengatakan kebakaran di TSM Makassar adalah musibah dan korban yang terimbas saat api berkobar telah dilarikan ke beberapa rumah sakit terdekat.

"Untuk para korban yang terimbas kebakaran itu sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat dan semua biaya pengobatan akan ditanggung pemerintah kota," ujarnya.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan umumnya korban terimbas kebakaran mengeluhkan sesak nafas karena sempat terkurung dalam ruangan sebelum bisa dievakuasi.

Baca juga: Wali Kota Makassar respons cepat musibah kebakaran TSM

Baca juga: Trans Studio Mal Makassar terbakar hingga pengunjung berhamburan


Pada saat kebakaran itu, dirinya juga telah meminta kepada seluruh Puskesmas agar siaga untuk menerima korban kebakaran.

"Semua puskesmas siaga jikalau ada korban yang membutuhkan layanan pengobatan korban kebakaran," katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) Trans Kalla Makassar, Max Kambuan mengatakan musibah kebakaran diduga dipicu korsleting listrik atau arus pendek di salah satu both foto pada lantai satu gedung setempat.

"Kebakaran dipicu arus pendek di salah satu both yang berbahan kertas. Memang dibuat replika menara Eiffel dihiasi lampu untuk swafoto. Dari rekaman video beredar memang panas lampu yang menimbulkan asap hingga terbakar," ujarnya.

Pada saat kertas itu terbakar, kata dia, api mengalir ke atas membuat both yang disiapkan berfoto-foto naik ke atas hingga both itu terjatuh hingga membuat kepanikan pengunjung.

Saat ditanyakan terkait antisipasi kebakaran dan ketersediaan hydran dikatakannya alat berfungsi.

"Kalau saya lihat tadi dari dalam selangnya terbuka semua, semua berfungsi, banjir tadi di atas. Kalau jumlah pengunjung mal yang datang hingga tadi diperkirakan tiga ribuan orang. Soal penanganan korban tentu kami lihat nanti, kami bertanggung jawab," papar dia kepada wartawan.

Dalam musibah kebakaran itu, tercatat ada sekitar 37 korban yang telah dievakuasi dan dilarikan ke beberapa rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Baca juga: Kapolda : Trans Studio Mal Makassar ditutup sementara
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023