Sungailiat (ANTARA) - Kepolisian resor Bangka Polda Kepulauan Bangka Belitung mengamankan objek wisata guna menjamin keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang tengah menikmati suasana libur lebaran.

"Kami menempatkan sejumlah personel gabungan di objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan," kata Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya, melalui Kabag Ops Polres Bangka Kompol Ayu Kusumah Ningrum dalam keterangan, Selasa.

Tim gabungan dengan melibatkan personel TNI, Polri dan petugas dari lembaga daerah berwenang difokuskan pada layanan keamanan seperti di Pantai Matras dan Pantai Tikus Emas Sungailiat.

Pengamanan di tempat wisata merupakan rangkaian Operasi Ketupat Menumbing 2023 yang bertujuan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif kepada masyarakat dalam berwisata.

Selain menugaskan personel gabungan di objek wisata, dilakukan pula antisipasi tindak pelanggaran di daerah rawan dan melakukan patroli rutin selama operasi.

"Diingatkan bagi wisatawan pantai yang hendak berenang agar benar-benar memperhatikan kondisi gelombang saat itu, jangan memaksa mandi di pantai jika kondisi gelombang tidak memungkinkan dan bagi orang tua yang membawa anak agar dijaga ketika mandi di pantai," jelasnya.

Kondisi wilayah yang aman, tertib dan kondusif hendaknya harus dijaga bersama-sama, masyarakat segera melapor ke pihak kepolisian terdekat jika mengetahui ada ancaman gangguan keamanan.

Wisatawan yang berkunjung di pantai Matras, Tikus Emas dan objek wisata yang lain berasal dari berbagai daerah termasuk wisatawan dari luar pulau Bangka yang sengaja berkunjung untuk menikmati keindahan wisata Bangka saat libur lebaran.

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023