Penajam (ANTARA) -
Pengendara roda dua mendominasi arus balik Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.
 
"Dari pantauan, arus mudik di wilayah Penajam Paser Utara didominasi kendaraan roda dua dan hingga saat ini terlihat arus balik juga didominasi sepeda motor," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Andi Singkerru di Penajam, Selasa.
 
Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara mengerahkan petugas berjaga di sejumlah lokasi yang dinilai rawan kecelakaan.
 
Selain kendaraan pribadi roda dua, para pemudik juga terlihat menggunakan angkutan umum dan kendaraan pribadi roda empat.
 
"Kami perkirakan arus balik Idul Fitri cukup tinggi hingga malam hari karena Selasa (25/4), hari terakhir libur lebaran, kami lakukan patroli secara bergantian dengan personel Satlantas Polres untuk antisipasi terjadinya kecelakaan," katanya.

​​​​​​Baca juga: Dishub DKI sebut sistem one way sebabkan keterlambatan bus
 
Pada hari pertama hingga dua hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah juga terjadi kepadatan arus lalu lintas dari arah Kabupaten Paser menuju kawasan wisata Pantai Tanjung Jumlai, Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Terjadi juga peningkatan kendaraan dari Kabupaten Paser menuju Pantai Tanjung Jumlai, sehingga petugas cukup kewalahan mengatur arus lalu lintas," ujarnya.
 
Ramainya arus lalu lintas karena Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan bagian jalan lintas Kalimantan yang dilewati arus mudik dan balik oleh pengguna jalan dari berbagai daerah.
 
Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara memantau pergerakan arus mudik maupun arus balik untuk menjaga kelancaran lalu lintas di sepanjang ruas jalan yang melintasi wilayah itu.
 
Berdasarkan pemantauan di setiap posko, sejak Senin (24/4) siang atau satu hari setelah lebaran sudah terlihat pergerakan arus balik Idul Fitri di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Arus balik di wilayah Kecamatan Penajam, Waru Babulu dan Kecamatan Sepaku yang hingga Selasa (25/4) ini relatif aman dan lancar," jelas Andi Singkerru.

Baca juga: Polres Lombok Utara siapkan bus arus balik gratis lebaran 2023
Baca juga: Korlantas sebut arus balik di tol fungsional Cipali-Cisumdawu lancar

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023