Polisi melakukan pengaturan arus lalu lintas pada titik atau simpul jalan rawan kepadatan arus.
Kudus (ANTARA) -
Arus balik kendaraan pemilir yang melintasi Jalur Pantura Timur Kudus, Jawa Tengah usai mudik Lebaran mengalami peningkatan, Senin.
 
Untuk memperlancar arus lalu lintas, polisi melakukan pengaturan arus lalu lintas pada titik atau simpul jalan rawan kepadatan arus.
 
Kasat Lantas Polres Kudus AKP Ivan Prabowo di Kudus, memprediksi puncak arus balik Lebaran terjadi pada hari ini (25/4).
 
"Kalau dilihat dari kalender libur nasional, yakni dari tanggal 19-26 April 2023, sehingga puncak arus balik diperkirakan pada tanggal 25 April 2023," ujarnya.
 
Untuk itulah, kata dia, pihaknya selalu memantau sejumlah lokasi rawan kepadatan arus lalu lintas, yakni di area tradisi Bulusan, Proliman Tanjung dan lampu pengatur lalu lintas di Terminal Induk Jati Kudus.
 
Hal itu, kata dia, dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya para pengguna jalan raya baik di pagi, siang, sore dan malam hari.
 
Ia mengingatkan kepada para pemudik, tetap berhati-hati dalam berkendara dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.
 
Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto menambahkan pengaturan lalu lintas pada pagi, siang, sore dan malam hari rutin dilaksanakan demi memberikan kenyamanan para pengguna jalan.
 
"Dengan keberadaan polisi, maka masyarakat saat melaksanakan arus balik Lebaran terbantu dengan kelancaran lalu lintas," ujarnya.
 
Untuk angka kecelakaan, katanya lagi, juga menurun dan kerawanan kriminalitas berkurang serta diharapkan masyarakat disiplin dalam mematuhi rambu-rambu lalu lintas. 
Baca juga: Rest area jembatan timbang masih layani pemudik Pantura H+7 Lebaran
Baca juga: Pemudik Pantura pilih kembali hari ini untuk hindari macet

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023