Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan inspeksi dan tes kesehatan supir bus sebelum berangkat membantu mengurangi angka kecelakaan bus pada masa angkutan Lebaran 2023.
 
"Inspeksi keselamatan ini merupakan penyumbang terbesar dari minimnya kecelakaan," kata Syafrin Liputo saat ditemui di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Selasa.
 
Inspeksi dan tes kesehatan supir dilakukan di terminal-terminal yang tersebar di DKI Jakarta untuk mengantisipasi adanya supir yang tidak layak bertugas dari segi kesehatan.
 
Dokter Jaga Pos Pemeriksaan Kesehatan Terminal Terpadu Pulo Gebang dr. Setyani Widyaningsih mengatakan pihaknya memeriksa identitas, riwayat penyakit, penyakit turunan, tensi jantung, dan gula darah para supir bus sebelum bertugas.

Baca juga: Terminal Pulo Gebang pastikan supir bus sehat dan layak mengemudi

Baca juga: 50 sopir angkutan umum mendadak dites urine
 
"Bahkan kita juga adakan tes urine, menanyakan apakah supir merokok atau tidak, serta tes amfetamin," kata dokter yang akrab disapa sebagai Dokter Tya tersebut.
 
Dia menjelaskan jika terdapat supir yang tidak lolos tes, maka selanjutnya akan diberikan surat keterangan tidak layak jalan.
 
Setelah itu, supir wajib menyerahkan surat tersebut kepada petugas Dinas Perhubungan (Dishub) untuk pembinaan lebih lanjut.
 
"Setelahnya itu wewenang Dishub, yang penting kita bantu periksa kesehatannya dan kita berikan surat keterangan, kalau tidak layak ya jangan bertugas," katanya.
 
Dokter di Puskesmas Jatinegara itu menyebutkan kegiatan ini sudah berjalan setiap tahunnya dengan petugas yang bergilir dari setiap Puskesmas se-Jakarta Timur.
 
Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan angka kecelakaan mudik tahun ini turun 39 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
 
Muhadjir juga mengungkapkan penurunan angka kecelakaan tersebut berbanding lurus dengan turunnya angka kematian akibat kecelakaan, selama musim mudik Lebaran 2023 dibandingkan periode yang sama pada musim mudik Lebaran 2022.*

Baca juga: Makna Lebaran bagi Tatang, awak bus yang punya tiga istri

Baca juga: Gelar mudik gratis, manajemen Indocement ingatkan sopir taat aturan

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023