Ke depannya, kandang-kandang itu akan kami rehabilitasi untuk digunakan satwa lain.
Medan (ANTARA) - Manajemen kebun binatang Medan Zoo menyatakan bahwa pihaknya segera merenovasi kandang-kandang kosong yang ada di taman margasatwa tersebut.

"Ke depannya, kandang-kandang itu akan kami rehabilitasi untuk digunakan satwa lain," ujar Manajer Medan Zoo Pernius Harefa, di Medan Zoo, Medan, Sumut, Selasa.

Pernius menegaskan, ketiadaan hewan di beberapa kandang di Medan Zoo bukan karena kebun binatang itu kekurangan satwa.
Namun, kekosongan terjadi lantaran beberapa hewan dipindahkan ke kandang baru.

"Seperti, contohnya kandang buaya. Pengunjung sempat memberikan koreksi soal kandang buaya sebelumnya yang dikatakan tidak seperti habitatnya. Sekarang kami sudah membuat kandang yang mirip tempat hidupnya," kata Pernius.

Kepada ANTARA, Selasa (25/4), beberapa pengunjung Medan Zoo mengeluhkan soal tidak banyaknya hewan yang bisa dilihat di kebun binatang itu.

Salah satu dari mereka, Agus, mengaku sedikit kecewa dengan hal tersebut,  karena anak-anaknya tidak bisa menyaksikan banyak hewan di Medan Zoo.

"Kami membawa anak-anak ke sini supaya mereka mengetahui soal hewan-hewan, tetapi ternyata banyak kandang kosong. Padahal beberapa tahun lalu tidak seperti ini. Sekarang kesannya di sini sekadar jalan-jalan saja," kata warga Medan Johor itu.

Senada dengan Agus, pengunjung lainnya, Tini, juga menyampaikan hal serupa.

Menurut warga Deli Tua itu, sangat disayangkan banyak kandang di Medan Zoo yang kosong padahal ukurannya besar.

Bukan cuma itu, Tini menilai hewan-hewan di Medan Zoo kurang terawat dan tidak sehat.

"Saya berharap hewan-hewan itu diperhatikan gizinya, dirawat dengan baik," kata dia pula.

Menanggapi itu, Pernius Harefa memastikan bahwa semua satwa di Medan Zoo dipelihara dengan baik sesuai dengan ketentuan.

"Makanan dan nutrisi untuk hewan cukup. Kami menomorsatukan kesehatan satwa. Dokter hewan dan paramedis pun ada di sini," ujar Pernius.
Baca juga: Medan Zoo perlu investor kembangkan kebun binatang
Baca juga: Wali Kota Medan: Raffi Ahmad siap investasi Medan Zoo

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023